Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pangdam Siliwangi Pastikan Seluruh Prajurit Bersikap Netral Selama Pilkada 2024

Kodam III/Siliwangi menegaskan komitmennya untuk menjaga netralitas selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar
Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar

Bisnis.com, CIREBON - Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi menegaskan komitmennya untuk menjaga netralitas selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar mengatakan seluruh prajurit Kodam III/Siliwangi diwajibkan mematuhi aturan mengenai netralitas TNI. 

"Jangan khawatir dengan netralitas TNI, sudah banyak arahan dan kami pastikan semua netral. Kami berkomitmen penuh untuk tidak terlibat dalam politik praktis," kata Fadjar saat ditemui di penutupan TMMD di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/8/2024).

Kodam III/Siliwangi mencakup wilayah Jawa Barat dan Banten, dikenal sebagai daerah dengan jumlah pemilih yang cukup besar dalam setiap ajang pemilu. Dengan demikian, posisi netral dari TNI menjadi sangat krusial untuk menjaga stabilitas dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Fadjar pun menyebutkan, masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang berusaha memecah belah melalui isu-isu yang tidak bertanggung jawab. 

"Di Jawa Barat mengajak saudara harus memanfaatkan haknya. Jangan berkampanye dengan cara yang tidak nyaman, seperti pakai knalpot brong atau meminum miras, karena itu semua memunculkan gangguan ketertiban," ujarnya.

Kodam III/Siliwangi bakal melakukan pengamanan terpadu bersama Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Banten. Operasi tersebut melibatkan ribuan personel yang akan ditempatkan di titik-titik rawan dan strategis untuk mencegah potensi gangguan keamanan selama masa pemilihan.

"Kami siap mengerahkan segala upaya untuk menjaga keamanan wilayah, tetapi kami juga berharap partisipasi aktif masyarakat dalam menciptakan suasana yang damai," kata Fadjar.

Pilkada serentak 2024 ini akan diikuti oleh 270 daerah di seluruh Indonesia, termasuk Jawa Barat dan Banten. Peran serta TNI dalam menjaga netralitas dan keamanan menjadi salah satu faktor kunci dalam suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper