Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Ekonomi Hijau: MUJ Bidik Energi Bersih dari Lapangan Migas Pabuaran

Selain potensi minyak bumi, Pabuaran juga berpotensi untuk memproduksi gas bumi sehingga bisa dimanfaatkan untuk transisi energi bersih.
Gedung PT Migas Utama Jabar (MUJ) di Kota Bandung
Gedung PT Migas Utama Jabar (MUJ) di Kota Bandung

Bisnis.com, BANDUNG--PT Migas Utama Jabar (MUJ) terus menjalankan strategi ekonomi hijau dalam sejumlah langkah bisnis terbaru.

Direktur Teknik dan Operasi MUJ Muhamad Sani mengatakan, selain potensi minyak bumi, Pabuaran juga berpotensi untuk memproduksi gas bumi sehingga bisa dimanfaatkan untuk transisi energi bersih. 

“Seluruh sumber energi yang ada di Pabuaran akan dimaksimalkan baik potensi minyak maupun gasnya untuk meningkatkan kebutuhansumber energi,” ungkap Muhamad Sani, Jumat (28/6/2024).

Direktur Utama PT MUJI Ryan Alfian Noor menambahkan, ada beberapa sumur di Area Operasi Pabuaran yang sudah berpotensi memproduksi minyak. 

Melalui KSO ini, dibentuklah PT MUJI Bangun Pabuaran (MBP). PT MBP berkomitmen untuk mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan produksi nasional minyak 1 juta barel pada tahun 2030.

“Kebutuhan Indonesia terhadap minyak bumi masih sangat tinggi saat ini. Kita mulai langkah ini untuk menjadi operator dan diharapkan bisa berdampak bagi pemenuhan kebutuhan sumber energi,” kata Ryan.

Ryan menambahkan, Blok Pabuaran secara geologis berada di wilayahdaratan bagian selatan dari Cekungan Jawa Barat Utara, berbatasan langsung dengan Cekungan Dalam Bogor-Kendeng di selatannya.

Cekungan Jawa Barat Utara relatif kaya dengan cadangan migas yang telah berproduksi selama lebih dari setengah abad.

Pada 2012, Area Pabuaran telah dinyatakan sebagai block non focus oleh Pertamina, sehingga PEP menjadikan pengelolaan Lapangan Blok Pabuaran dengan model kontrak KSO. Pada 2020 PEP kembali menawarkan untuk kerjasama operasi migas di Blok Pabuaran.

Karena peluang tersebut, MUJ menyampaikan keberminatan untuk terlibat aktif dalam kegiatan operasi lapangan migas dan pada akhirnya 27 April 2023, PEP menetapkan MUJ sebagai mitra pemenang penawaran umum KSO Produksi WK PEP untuk AO Pabuaran,” imbuh Ryan.

Konten ini merupakan bagian pemberitaan dari program Jelajah Ekonomi Hijau, perjalanan jurnalistik Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat yang didukung oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Bank BJB, PT KAI, MUJ ONWJ, Bank Mandiri dan Cirebon Power.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper