Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Jual Beli Hewan Kurban di Garut Meningkat Jelang Iduladha

Jumlah penjualan hewan ternak akan terus meningkat mendekati pelaksanaan tradisi kurban. Tahun lalu mampu menembus angka 500 ekor setiap harinya.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Transaksi jual beli hewan kurban di Kabupaten Garut meningkat jelang Hari Raya Iduladha 2024. Harga hewan ternak itu pun juga meningkat dibandingkan waktu sebelumnya.

Peternak PD Berkah Farm Garut, Fendy mengatakan penjualan domba saat mengalami peningkatan hingga 300 ekor setiap harinya. Sebelumnya, penjualan hewan ternak di tempatnya hanya sekira 200 ekor.

"Harga juga meningkat 20%. Harga domba jantan untuk kurban di Pasar saat berkisar pada angka Rp3-8 juta," kata Fendy di Kabupaten Garut, Jumat (31/5/2024).

Menurut Fendy, jumlah penjualan hewan ternak akan terus meningkat mendekati pelaksanaan tradisi kurban. Tahun lalu mampu menembus angka 500 ekor setiap harinya.

Peternak lainnya, Herdiansyah mengatakan kenaikan harga hewan ternak terjadi setelah adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Saat wabah tersebut, sapi yang pernah terpapar PMK dan sudah dalam kondisi sembuh pernah ditawar oleh pembeli sebesar Rp7 juta. "Sekarang tidak ada yang belasan juta. Harga mulai dari Rp23 sampai 80 juta per ekor," kata Herdiansyah.

Sementara itu, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut mencatat ketersediaan hewan ternak untuk Iduladha mencapai 25.298 ekor. 

Kepala Diskannak Kabupaten Garut Beni Yoga Gunasantika mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 9.862 ekor merupakan jenis sapi serta kerbau dan 15.436 ekor domba/kambing. 

Jumlah tersebut diklaim lebih banyak 15% dibandingkan tahun sebelumnya. "Jadi, kalau melihat ketersediaan tahun ini hampir 10 ribu, saya kira ini masih mencukupi mudah-mudahan ya," kata Beni.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper