Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Cirebon Butuh 6.961 Hewan Kurban

Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon mencatat kebutuhan hewan kurban Kabupaten Cirebon untuk Hari Raya Iduladha 1445 H sebanyak 6.961 ekor.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon mencatat kebutuhan hewan kurban Kabupaten Cirebon untuk Hari Raya Iduladha 1445 H sebanyak 6.961 ekor.

Sub Koordinator Ternak Distan Kabupaten Cirebon Herman Syaiful Bahri mengatakan dari 6.961 ekor, sebanyak 5.691 ekor merupakan domba/kambing, sapi 1.268 ekor, dan kerbau dua ekor.

"Angka kurban tahun lalu bisa menjadi acuan untuk kebutuhan tahun ini," kata Herman di Kabupaten Cirebon, Senin (27/5/2024).

Hingga saat ini, jumlah hewan ternak di Kabupaten Cirebon yang biasa digunakan untuk penyembelihan hewan kurban sebanyak 5.203 ekor. Dari jumlah tersebut, 3.203 merupakan jenis kambing/domba dan 1.820 ekor sapi.

Herman mengatakan, jumlah tersebut akan bertambah hingga menjelang Hari Raya Iduladha. Suplai hewan ternak untuk Kabupaten Cirebon sebagian besar berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pihaknya pun memastikan kepada seluruh pedagang maupun peternak untuk menerima hewan ternak yang dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

"Penjual sudah kami minta hanya menerima hewan yang ditandai dengan SKKH, kalau tidak ada jangan diterima. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit pada hewan," ujar Herman.

Herman mengatakan, pihaknya memprediksi penjualan hewan kurban di Kabupaten Cirebon tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena tidak lagi mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper