Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disperindag Jabar Bakal Gelar Operasi Pasar Jelang Iduladha

Rencananya OPADI Pemprov akan tersebar di 13 kota/kabupaten, meliputi Priangan, Cirebon Raya dan Depok atau daerah yang angka inflasinya tinggi jelang Iduladha.
Gula pasir/Bisnis
Gula pasir/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan menggelar operasi pasar bersubsidi (OPADI) Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Iduladha 2024.

Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan rencananya OPADI Pemprov akan tersebar di 13 kota/kabupaten, meliputi Priangan, Cirebon Raya dan Depok atau daerah yang angka inflasinya tinggi jelang Iduladha.

"Tetap OPADI akan kita keluarkan, tapi tidak sebesar Idulfitri kemarin dan tidak semua kabupaten/kota, kami siapkan anggarannya Rp3 miliar," katanya dikutip Selasa (28/5/2024).

Terkait ketersediaan bahan pokok jelang HKBN Iduladha, Noneng menerangkan sejauh ini masih aman termasuk beras, gula, cabai maupun daging ayam.  Kenaikan menurutnya kerap terjadi karena alur pendistribusian, yang turut memengaruhi kenaikan harga.

"Sampai saat ini Alhamdulillah, hampir semua terkendali. Sekarang kita siap-siap jelang Iduladha. Biasanya HKBN biasanya ada yang meningkat," ucapnya.

Sedangkan beras, yang beberapa waktu lalu sempat mengalami kenaikan dan kelangkaan. Saat ini kata Noneng sudah aman, selain adanya stok dari impor di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog), juga karena belum lama ini turut ada panen raya. Sehingga dipastikan beras aman sampai HKBN Iduladha 2024 berakhir.

"Stok sangat aman, disampaikan Bulog. Sampai saat ini alhamdulillah. Panen juga sudah. Harga di Rp15 ribu untuk premium dan medium Rp13 ribu. Jadi sangat terkendali," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper