Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Menyerah di Jabar, PDIP Incar Kursi Cawagub, Dekati Ridwan Kamil hingga Dedi Mulyadi

Ketua DPD PDIP Jawa Barat (Jabar) Ono Surono menyatakan pihaknya hanya mengincar kursi jabatan calon wakil gubernur dalam ajang Pilkada Jabar 2024.
Ridwan Kamil. Dok Antara
Ridwan Kamil. Dok Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat (Jabar) Ono Surono menyatakan pihaknya hanya mengincar kursi jabatan calon wakil gubernur dalam ajang Pilkada Jabar 2024. Untuk calon gubernur, PDIP akan dukung sosok dari partai politik lain.

Ono mengungkapkan, PDIP hanya berada di peringkat keempat partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Jabar. Apalagi, lanjutnya, PDIP punya catatan buruk di Pilkada Jabar.

"Sejak Era Reformasi sampai pilkada yang terakhir 2018, PDI Perjuangan tidak pernah memenangkan Pilkada Jawa Barat, sehingga kami sadar betul dan tentunya kami dengan sekarang ini peringkat keempat, tentunya kami sadar bahwa kami agaknya tidak mungkin untuk mengincar nomor satu. Jadi kami PDI Perjuangan akan mengincar posisi dua, di posisi wakil gubernurnya," jelas Ono di sela-sela Rakernas V PDIP, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024).

Dia mengaku, DPD PDIP Jabar sudah mempersiapkan diri hadapi Pilkada 2024 sejak Mei lalu. Menurutnya, pihaknya masih sedang lakukan penjaringan calon-calon yang akan diusung dalam ajang Pilkada 2024.

Ono mengaku juga sudah jalin komunikasi dengan sosok-sosok kuat yang dinilai akan maju sebagai bakal calon gubernur dalam ajang Pilkada Jabar 2024.

Dia mengaku sudah bicara dengan elite Golkar Ridwan Kamil, elite Gerindra Dedi Mulyadi, hingga elite PAN Bima Arya.

"Tentunya dengan hasil komunikasi yang sudah dilakukan oleh DPD PDIP Jawa Barat, khususnya saya sudah melaporkan semuanya ke DPP Partai dan nanti tinggal desk pilkada-nya DPP [yang memutuskan]," ujarnya.

Terkait sosok bakal calon wakil gubernur, DPD PDIP Jabar akan mempersiapkan kader internal. Meski demikian, Ono belum mau mengungkapkan siapa kader yang disiapkan itu sebab yang akan memutuskan merupakan pengurus pusat PDIP.

Dia hanya memastikan, PDIP akan coba raih kursi nomor dua di Jabar. Apalagi, dia memprediksi akan terjadi tiga poros koalisi dalam ajang Pilkada Jabar 2024: jika Golkar dan Gerindra memutuskan bersatu maka PDIP bisa bangun koalisi dengan PAN atau PKS dan partai lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper