Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang Akhir Pekan, Volume Kendaraan di Tol Cipali Meningkat

Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami peningkatan volume kendaraan pada libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024.
Jalan Tol Cipali/Bisnis
Jalan Tol Cipali/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami peningkatan volume kendaraan pada libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024.

Corporate Communications Astra Infra Toll Road Cipali Asri Fajarwati mengatakan peningkatan volume kendaraan di jalur bebas hambatan terjadi sejak Kamis (9/5/2024). Tercatat, sekira 74.000 kendaraan melintas dari arah Jakarta menuju Cirebon dan sebaliknya.

"Meningkat 47% dibandingkan hari-hari biasa dan naik 22% dibandingkan dengan libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus tahun sebelumnya," kata Asri melalu pesan tertulis, Jumat (10/5/2024).

Sebelumnya, Jasa Marga (Persero) Tbk menyebutkan 808.620 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek sepanjang periode libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024. 

Adapun, periode libur terhitung 8-12 Mei 2024. Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 9,8% jika dibandingkan lalin normal.

Destinasi wisata favorit di antaranya yaitu Jalan Tol Jagorawi untuk kearah Puncak dan sekitarnya, serta Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung. 

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah, Jasa Marga mencatat sebanyak 376.706 kendaraan (46,6%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung. 

Sedangkan, sebanyak 245.240 kendaraan (30,3%) menuju arah Barat (Merak), dan 186.674 kendaraan (23,1%) menuju arah Selatan (Puncak).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper