Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disbudpar Kota Cirebon Mulai Berkantor di Tempat Wisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon mulai Kamis (24/4/2024) bakal menerapkan work from destination atau berkantor di destinasi wisata.
Gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon./Bisnis
Gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon./Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon mulai Kamis (24/4/2024) bakal menerapkan work from destination atau berkantor di destinasi wisata

Dua destinasi wisata yang dipilih Disbudpar Kota Cirebon untuk menjadi kantor yaitu, Keraton Kacirebonan dan Kampung Arab Panjunan.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, kebijakan tersebut untuk memudahkan pihaknya menyerap aspirasi dari wisatawan, pengelola, maupun masyarakat setempat.

"Saat berkantor di Keraton Kacirebonan, pegawai kami akan berkeliling ke masyarakat dan berinteraksi dengan wisatawan. Masukan yang disampaikan sangat berarti untuk perkembangan sektor wisata di Kota Cirebon,” kata Agus, Senin (22/4/2024).

Agus mengatakan, nantinya kebijakan work from destination bakal dilakukan di destinasi lainnya yaitu, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kaprabonan.

Ia pun mengharapkan, program tersebut diharapkan menghadirkan gagasan tepat sasaran dan dapat dinikmati oleh wisatawan. Nantinya, destinasi wisata di Kota Cirebon dapat terkenal hingga tingkat dunia.

“Kami ingin mendongkrak kunjungan wisatawan dan destinasi wisata di Kota Cirebon mampu bersaing dengan daerah lain di Jawa Barat bahkan Indonesia,” kata Agus.

Pemerintah Kota Cirebon mencatat, sebanyak 50.749 wisatawan bertandang ke Kota Cirebon, Jawa Barat selama libur Lebaran 1445 H. Jumlah tersebut diklaim lebih tinggi dibandingkan kunjungan tahun sebelumnya.

Puncak kedatangan wisatawan di Kota Cirebon terjadi pada H+1 Lebaran, Kamis (11/4/2024) dengan jumlah 12.893 orang.

Agus menambahkan, sebagian besar wisatawan di Kota Cirebon mengunjungi lima destinasi unggulan. Destinasi tersebut yaitu, Wisata Bahari Kejawanan dengan jumlah kunjungan mencapai 40.228 turis. Kemudian disusul Cirebon Waterland yang didatangi 3.562 wisatawan.

Kemudian, Keraton Kasepuhan yang juga menjadi magnet bagi para pelancong domestik ini menerima kedatangan sebanyak 3.126 orang.

“Destinasi lainnya yang cukup ramai dituju oleh wisatawan yakni Goa Sunyaragi tercatat ada 2.591 turis dan Keraton Kacirebonan jumlah kunjungannya sebanyak 1.242 turis,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper