Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Pengecekan SPBU di Garut Diperketat

Saat arus mudik, banyak orang yang membeli BBM, jangan sampai dimanfaatkan pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan lebih,
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Satuan Reserse Kriminal (Satlantas) Polres Garut melakukan pengecekan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pengecekan tersebut dalam rangka memastikan tidak adanya praktik kecurangan mengurangi takaran yang merugikan masyarakat saat arus mudik lebaran.

Kepala Satuan Reskrim Polres Garut AKP Ari Rinaldo mengatakan saat momen arus mudik Lebaran 2024, kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dipastikan mengalami peningkatan signifikan. Pengecekan perlu dilakukan untuk memastikan pengisian sesuai takaran.

"Pengecekan menggunakan alat khusus untuk mengetahui takaran pengisian. Saat arus mudik, banyak orang yang membeli BBM, jangan sampai dimanfaatkan pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan lebih," kata Ari di Garut, Selasa (2/4/2024).

Ari menyebutkan, dalam pemeriksaan SPBU ini Satreskrim Polres Garut melibatkan tim dari Polda Jabar dan tim dari Bidang Metrologi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut.

Selain itu, kata Ari, pemeriksaan pun tidak hanya pada takaran pengisian BBM, melainkan pemeriksaan terhadap segel khusus sebagai tanda bahwa mesin tersebut tidak diubah takarannya.

"Kami harus memastikan mesin tersegel atau tidak. Kalau mesin tersegel, artinya mesin itu tidam diotak atik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper