Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-10 Lebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok Turun

Sejumlah komoditas bahan pokok di pasar tradisional Jawa Barat mulai mengalami penurunan harga 10 hari menjelang lebaran.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Sejumlah komoditas bahan pokok di pasar tradisional Jawa Barat mulai mengalami penurunan harga 10 hari menjelang lebaran. Pasokan pun dinilai aman.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan penurunan harga pangan sudah terjadi sejak pekan lalu saat pihaknya melakukan pemantauan di Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

"Turunnya harga komoditas pokok di Pasar Panorama Lembang menjadi cerminan di pasar tradisional lainnya. Sebab rerata produk di Bandung Raya dipasok dari Pasar Induk Caringin, Kota Bandung," tuturnya, Senin (1/4/2024).

Dari hasil pemantauan komoditas pokok seperti cabai, telur dan beras mengalami penurunan harga yang signifikan ketimbang beberapa waktu lalu.

"Yang meningkat, cabai tanjung dan bawang merah. Tapi rata-rata menurun," katanya.

Mengenai ketersediaan komoditas pokok, dia memastikan sejauh ini masih aman. Terutama beras, dimana kini pasokan lokal telah masuk ke pasar. Selain tentunya beras impor yang didistribusikan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Ketersediaan tadi semua aman. Tidak ada yang hilang. Beras malah banyak. Lokal sudah banyak. Sudah masuk dari Cianjur dan Indramayu. Untuk harga Alhamdulillah. Kita memprediksi kenaikan, malah ada penurunan," katanya.

Noneng berharap, ketersediaan stok komoditas pokok di Jawa Barat dan harga yang kembali normal, diharapkannya dapat terus bertahan hingga lebaran pada pertengahan April kelak.

"Mudah-mudahan sampai hari terakhir jelang lebaran masih terkendali harganya," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper