Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Ikan Indramayu Ditopang TPI Karangsong

Produksi ikan di Kabupaten Indramayu sebagian besar berasal dari aktivitas tempat pelelangan ikan (TPI) Karangsong.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON- Produksi ikan di Kabupaten Indramayu sebagian besar berasal dari aktivitas tempat pelelangan ikan (TPI) Karangsong.

Bupati Indramayu Nina Agustina menyebutkan pendapatan asli daerah (PAD) sektor perikanan, 80% berasal dari TPI Karangsong dan para bakul (penjual) ikan yang merupakan masyarakat sekitar.

"Produksi ikan mencapai 165,7 ribu ton. Sebagian besarnya dari TPI Karangsong," kata Nina di Kabupaten Indramayu, beberapa waktu lalu.

Atas kontribusi tersebut, pemerintah daerah melakukan penataan TPI Karangsong menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023 sebesar Rp2 miliar.

Selain itu, pemerintah daerah bakal melakukan pengadaan kapal keruk untuk proses pengerukan sedimentasi di muara sekitar Pantai Karangsong.

Nina mengatakan, upaya tersebut masuk ke dalam 99 program prioritas dan implementasi pembangunan dalam bidang perikanan dan kelautan.

"Ini adalah bentuk keberpihakan Pemerintah Kabupaten Indramayu terhadap pelaku usaha perikanan dan kelautan termasuk para nelayan Karangsong dan sekitarnya," kata Nina.

Selain berkontribusi terhadap produksi ikan laut di Indramayu, keberadaan Pantai Karangsong juga berhasil mengundang banyak wisatawan.

Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang 2023, Pantai Karangsong berhasil mendatangkan 44.578 wisatawan. Sementara, Pantai Legendaris Tirtamaya hanya sebanyak 46.866 wisatawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper