Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bapenda Jabar Gelar Philothra, Ajang Apresiasi Wajib Pajak Teladan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada wajib pajak teladan dalam Anugerah Philothra.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada wajib pajak teladan dalam Anugerah Philothra.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada wajib pajak teladan dalam Anugerah Philothra.

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada wajib pajak teladan dalam Anugerah Philothra. 

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota, wajib pajak perorangan, wajib pajak badan usaha, perangkat daerah layanan retribusi dan pengelola dana alokasi khusus, badan usaha milik daerah, pihak ketiga pemanfaatan aset, atas kepatuhan membayar pajak dan pengelola pendapatan daerah lain tahunan.

Anugerah Philothra adalah simbol pertumbuhan pendapatan daerah provinsi yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar Dedi Taufik mengatakan Philothra menjadi salah satu gambaran kinerja pengelolaan pendapatan daerah yang berasal dari retribusi layanan, deviden bumd dan pemanfaatan aset serta pengelolaan dana alokasi khusus oleh perangkat daerah provinsi jawa barat selama tahun 2023.

Menurutnya acara tersebut merupakan bagian dari apresiasi kepada para wajib pajak. Dedi berharap, hal ini bisa terus mendorong ketaatan dan kesadaran secara signifikan. Pasalnya, pendapatan yang dikelola digunakan untuk berbagai sektor pembangunan infrastruktur, Pendidikan hingga kesehatan.

“Ini adalah salah satu cara mengapresiasi para wajib pajak. Sebelum ini kan ada banyak program yang kami lakukan dari mulai insentif, diskon pajak. Muaranya adalah bisa meningkatkan kesadaran membayar pajak,” terang dia, Kamis (28/12/2023).

“Anugerah Pilothra diharapkan mampu meningkatkan motivasi kinerja pajak daerah dan tata kelola pendapatan daerah pemerintah kabupaten kota, para wajib pajak maupun pihak lain dan yang paling utama adalah pemerintah provinsi jawa barat,” Dedi melanjutkan.

Ditanya mengenai realisasi pendapatan tahun 2023, Dedi mengatakan masih dalam proses pendataan. Hasilnya akan disampaikan secara terbuka kepada publik.

“Semua masih pendataan, masih berproses. Tapi insya allah realisasinya baik,” imbuh Dedi.

Sementara itu, acara Anugerah Philothra diberikan langsung Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (27/12/2023) malam.

Bey mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingi-tingginya kepada para wajib pajak atas capaian yang baik  pada tingkat kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Terlihat dari angka pembayaran pajak kendaraan bermotor yang tinggi dan selalu tepat waktu. Sehingga pajak yang dibayarkan menjadi kontribusi dalam pembangunan di Jabar. Kami berterima kasih kepada bapak ibu yang telah melakukan pembayaran pajak tepat waktu,” kata Bey.

Menurut Bey, pajak yang terkumpul akan menjadi sumber pendapatan utama bagi pemerintah daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta berbagai program sosial yang bermanfaat langsung kepada masyarakat.

Bey mengatakan Pemdaprov Jabar terus berupaya mengelola pajak kendaraan bermotor ini secara transparan, akuntabel, dan efisien. Menurutnya,  penggunaan dana pajak disalurkan untuk kepentingan bersama di masa kini dan nanti.  

"Penting bagi kita untuk memahami bahwa setiap rupiah yang kita sumbangkan melalui pajak memiliki nilai yang besar bagi kemajuan daerah," pungkasnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper