Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musisi dan Politisi Bandung Terus Suarakan Kemerdekaan Palestina

Melalui acara Titik Kumpul yang mengangkat isu #bandungmenagihjanji, Musisi dan Politisi Suarakan Kemerdekaan Palestina.
Musisi  dan politisi di Kota Bandung menggelar Bandung Menagih Janji menyuarakan Kemerdekaan Palestina./Bisnis-Dea Andriyawan.
Musisi  dan politisi di Kota Bandung menggelar Bandung Menagih Janji menyuarakan Kemerdekaan Palestina./Bisnis-Dea Andriyawan.

Bisnis.com, BANDUNG—Musisi  dan politisi di Kota Bandung menggelar Bandung Menagih Janji menyuarakan Kemerdekaan Palestina. 

Pasalnya perang di Jalur Gaza antara Israel dan Palestina semakin memanas. Saat ini ada ribuan nyawa yang tidak berdosa menjadi korban dan kemungkinan terus bertambah. Perang tersebut bukan lagi mengenai isu agama melainkan isu kemanusian.

Melalui acara Titik Kumpul yang mengangkat isu #bandungmenagihjanji dengan tema Swara Lewat Bandung Menagih Janji, Musisi dan Politisi Suarakan Kemerdekaan Palestina

Salah satu penggerak Titik Kumpul, Muhammad Farhan mengatakan output kegiatan tersebut diharapkan menjadi titik awal pergerakan pemikiran. 

"Gerakan pemikiran, bahwa dari tanah Bandung inilah kita pernah berjanji memerdekakan semua bangsa di Asia Afrika termasuk Palestina," ujarnya, Jumat (22/12/2023). 

Ia menambahkan, akan ada lagu yang dikeluarkan dari musisi ternama di Bandung. Lagu tersebut menurutnya akan menjadi ikon untuk sama-sama mendukung Palestina.

"Apakah berhenti hanya dengan bikin lagu? enggak. Karena lagu itu adalah artefak atau karya budaya yang paling mudah disebarkan. Kita harapkan lagunya nanti akan populer. Lagu ini akan menjadi sebuah simbol-simbol pemikiran untuk memerdekakan semua bangsa Asia Afrika," ucapnya.

Menurut Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, sebagai anggota parlemen adalah perwakilan rakyat dan ini lah suara dari rakyat.

Untuk itu, ia ingin menjadi bagian dari sebuah komunitas budayawan yang tidak bisa lepas dari tanah bernama Bandung untuk menyuarakan kemerdekaan Palestina. 

"Disini ada ada Pidi Baiq, Bucky Wikagoe, Taufik Hidayat Udjo, Al Araf, Zaki Peniti dan musisi-budayawan lainnya," ucapnya.

Ia menyampaikan BandungMenagihJanji tersebut memiliki tujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa warga Bandung perlu peka terhadap isu kemanusiaan.

Ketika bicara soal contohnya Palestina. Kan banyak terdistorsi bahwa ini jadi perang agama. Tapi ini bukan hanya perang agama, ini perang kemanusiaan," ujarnya.

"Kemudian yang kedua bahwa setiap kita ngomong soal Gaza harus ada upaya menjaga pemikiran ini, supaya hidup terus, supaya tidak ada lagi orang yang mengatakan "ngapain sih kita belain Palestina," jelasnya.

Ditempat yang sama, musisi Pidi Baiq mengatakan isu kemanusiaan di Gaza terus mendapatkan perhatian dari para musisi di Bandung.

"Saya akan mendukung apapun itu ketika tidak sesuai dengan pandangan saya," ujarnya. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper