Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD Kabupaten Cirebon Umumkan Usulan Pemberhentian Imron Rosyadi Sebagai Bupati

Imron Rosyadi merupakan mantan Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, awalnya merupakan pendamping Sunjaya Purwadisastra dalam pemilihan kepala daerah serentak 2018.
Rapat paripurna pengumuman usulan pemberhentian  Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan wakilnya Wahyu Tjiptaningsih masa jabatan 2019-2024.
Rapat paripurna pengumuman usulan pemberhentian  Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan wakilnya Wahyu Tjiptaningsih masa jabatan 2019-2024.

Bisnis.com, CIREBON - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon menggelar rapat paripurna pengumuman usulan pemberhentian  Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan wakilnya Wahyu Tjiptaningsih masa jabatan 2019-2024. 

Pantauan Bisnis.com, rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Mohammad Lutfhi ini berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (5/12/2023).

Rapat yang semula dijadwalkan pukul 10.00 WIB ini, dimulai pukul 11.45 WIB. dan hanya 31 orang yang hadir dari jumlah 50 anggota DPRD.

“Berdasarkan ketentuan tersebut, saudara Imron Rosyadi dan Wahyu Tjiptaningsih diusulkan pemberhentian sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Cirebon,” kata Lutfhi.

Diketahui, Imron Rosyadi merupakan mantan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon ini, awalnya merupakan pendamping Sunjaya Purwadisastra dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Pasangan Sunjaya-Imron berhasil memenangkan pemilihan tersebut. Namun, sebelum dilantik, Sunjaya dijaring operasi tangkag tangan (OTT) lantaran terlibat kasusjual beli jabatan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Lantaran status hukum tersangka, Sunjaya dinonaktifkan sebagai bupati dan menunjuk Imron Rosyadi jadi pelaksana tugas (Plt) bupati.

Beberapa bulan menjabat sebagai Plt, Imron dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bupati Cirebon definitif pada 1 Oktober 2019.

Sementara, Wahyu Tjiptaningsih merupakan istri dari terpidana korupsi Sunjaya Purwadisastra yang terpilih sebagai Wakil Bupati Cirebon dalam pemilihan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Cirebon pada Rabu (2/12/2020).

Wahyu Tjiptaningsih menggantikan posisi Imron Rosyadi yang sebelumnya menjadi wakil bupati mendampingi Sunjaya. 

Wakil bupati baru tersebut sebelumnya bersaing dengan Cunadi. Diketahui Cunadi merupakan sopir pribadi Sunjaya selama menjabat sebagai Bupati Cirebon. 

Kedua calon wakil itu awalnya direkomendasikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dalam hasil pemilihan yang dilakukan secara coblos oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih memperoleh suara 36, Cunadi 1 suara, dan 10 suara tidak sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper