Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Nama Pejabat Pemrov Jabar Diusulkan jadi Pj Bupati Cirebon

Pasangan Bupati Imron Rosyadi dan Wakil Bupati Wahyu Tjiptaningsih bakal mengakhiri jabatannya pada akhir Desember 2023.
Bupati Cirebon Imron Rosyadi
Bupati Cirebon Imron Rosyadi

Bisnis.com, CIREBON - Dua nama pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat diusulkan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Cirebon. Pasangan Bupati Imron Rosyadi dan Wakil Bupati Wahyu Tjiptaningsih bakal mengakhiri jabatannya pada akhir Desember 2023.

Berdasarkan surat usulan Pj wali kota/bupati yang ditandatangani Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, dua orang nama tersebut sudah diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dua orang nama itu yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Hermansyah serta Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko.

Menanggapi hal tersebut, Imron mengatakan pada masa akhir jabatannya ini, salah satu permasalahan krusialnya yakni kemiskinan.

Padahal, lanjut Imron, beragam upaya dilakukan mulai dari penyediaan kebutuhan pokok bagi keluarga miskin, penyediaan pengaman jaring sosial, dan pengembangan usaha.

“Masih ada sisa waktu hingga 2024 untuk menuntaskan permaslahan itu. Siapapun penggantinya harus berupaya menekan angka kemiskinan," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Minggu (3/12/2023).

Menurut Imron, menurunkan angka kemiskinan adalah pekerjaan pemerintah paling sulit, lantaran jumlah penduduk di Kabupaten Cirebon terus bertambah setiap tahunnya.

Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Kabupaten Cirebon masuk ke dalam lima besar daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di Jawa Barat. 

Kabupaten Cirebon berada dalam urutan kedua daerah dengan penduduk miskin terbanyak di bawah Kabupaten Garut. Sementara, urutan selanjutnya ada Kabupaten Bandung, Cianjur, dan Indramayu. 

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Cirebon per Agustus 2023 sebanyak 266.110 atau 12,01 persen. Sementara, jumlah warga di daerah tersebut menembus angka 2.315.417 jiwa.

Berdasarkan informasi, Imron dilantik pada 1 Oktober 2019 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia dilantik bersamaan dengan pelantikan Wakil Bupati Indramayu

Sebelum menjabat wakil bupati, Imron merupakan pegawai negeri pipil (PNS) di Kementerian Agama. Jabatan terakhir sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper