Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PMDN Dominasi Investasi di Kabupaten Cirebon

Realisasi investasi Kabupaten Cirebon sepanjang 2023 menembus angka Rp2,16 triliun yang didominasi oleh penanaman modal dalam negeri (PMDN).
Ilustrasi investasi/Freepik
Ilustrasi investasi/Freepik

Bisnis.com, CIREBON - Realisasi investasi Kabupaten Cirebon sepanjang 2023 menembus angka Rp2,16 triliun yang didominasi oleh penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Berdasarkan catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon, jumlah PMDN di Kabupaten Cirebon sepanjang 2023 mencapai 1.833. Sementara, untuk jumlah penanaman modal asing menembus angka 488.

“Investor yang menanamkan modal masih didominasi dalam negeri, meskipun ada beberapa investor asing yang sudah datang ke Kabupaten Cirebon,” kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi di Kabupaten Cirebon, Rabu (22/11/2023).

Imron menyebutkan, belum lama ini pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan PMDN dan PMA.

Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang patuh tepat waktu melaporkan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) 2021 secara tepat waktu.

Penghargaan juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada perusahaan yang secara tepat waktu melaporkan LKPM. Selain itu, menjadi bahan evaluasi perusahaan selama melakukan kegiatan investasi.

"Kepatuhan dari perusahaan untuk memberikan LKPM diharapkan bisa meningkatkan ekosistem investasi di Kabupaten Cirebon,” kata Imron.

Dalam upaya percepatan investasi, Kabupaten Cirebon mengandalkan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi. Tim tersebut dibentuk untuk membuktikan bahwa kabupaten ini merupakan salah satu daerah yang ramah kepada para investor.

"Kehadiran investor ini membantu pemerintah dalam pembangunan. Saya ingatkan perusahaan tidak melupakan CSR, karena kalau pembangunan menggunakan anggaran daerah itu prosesnya lama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper