Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Angka Pengangguran, FT Unpas Gandeng Swasta Serap Fresh Graduate

FT Unpas terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas agar bisa siap bekerja di pelbagai perusahaan.
Rekrutmen fresh graduate FT Unpas
Rekrutmen fresh graduate FT Unpas

Bisnis.com, BANDUNG – Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas agar bisa siap bekerja di pelbagai perusahaan. 

Hal tersebut diwujudkan dengan bekerjasama dengan pihak swasta untuk menyerap lulusan FT Unpas setelah tuntas menimba ilmu. 

Salah satunya adalah dengan ADR Group of Companies yang langsung melakukan rekrutmen fresh graduate FT Unpas di Kampus IV Unpas, Jl. Dr. Setiabudi, Selasa (29/8/2023).

Dekan FT Unpas Yusman Taufik menyebutkan puluhan mahasiswa FT Unpas mengikuti seleksi langsung di kampus IV Unpas kali ini. 

“Kerja sama ini rekrutmen alumni FT Unpas dengan PT ADR Group Of Companies yang merupakan program untuk membantu lulusan FT Unpas cepat bekerja, “ ujar Yusman.

Menurut Yusman, program penyerapan lulusannya ini merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan dengan pelbagai perusahaan. Sehingga diharapkan gap angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan bekerja bisa menipis. 

Wakil Dekan III FT Unpas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bukti Tarigan M. Tambun menyebutkan jika kerja sama dengan ADR dilakukan kali pertama.

“Jadi kita memfasilitasi ADR di sini supaya bisa merekrut alumni-alumni Unpas khususnya fakultas Teknik,” katanya.

Ia menyampaikan, meskipun diselenggarakan di Unpas, tetapi rekrutmen ini terbuka untuk pelamar lain yang bukan berasal dari Unpas. Total pelamar yang datang diperkirakan 120 orang, baik yang berasal dari Unpas maupun dari luar.

Pada rekruitmen tersebut, ADR Group of Companies membuka Management Development Program (MDP) 2023 dengan posisi Production, Maintenance & Eng. Process, QA/QC, PPIC, Sales Engineer dan Eng. Product.

"Program MDP ini sama dgn program MT. Jadi kita mau mencari tenaga kerja yang terbaik dari fresh graduate dari berbagai universitas," tutur Kepala Departemen Human Capital ADR Group Emilia Sari.

Saat ini yang melamar ke ADR Group of Companies ada 6.000 pelamar dan akan menerima sebanyak 31 orang. Saat ini pihaknya sedang melakukan rekrutmen di Jabodetabek, Bandung dan Yogyakarta.

"Kami mencari lulusan terbaik untuk disiapkan menjadi next leader di ADR. Tapi kita harus step by step jadi tidak otomatis menjadi leader," ujarnya.

Emilia menyampaikan pelamar yang sudah lolos akan ditraining selama 18 bulan. "Pada MDP ini belum menjadi 100 persen karyawan karena masih dinilai dan disupervisi," katanya.

Alumni FT Unpas Nisa lathifan mengatakan sebelum menjalani psikotes dijelaskan terlebih dahulu mengenai jenjang karir di ADR Group. Nisa tertarik untuk melamar di bagian QA/QC.

"Bagus sih informatif, karena sebelumnya dijelasin dulu tentang MDP apa terus dijelasin perusahaannya gimana," kata Nisa.

Alumni FT Unpas lainnya Syiffa Shanty Nur Rahmi mengatakan hal yang sama dan diberi pilihan untuk lanjut atau mundur. Namun ia memutuskan untuk maju dan melamar di bagian PPIC dan Production. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper