Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Koncer Fest: Indag Jabar Gelar Program Diskon di 27 Kabupaten Kota

Disperindag Jawa Barat menggelar rangkaian peringatan Hari Konsumen Nasional 2023 lewat acara Koncer Fest (Konsumen Cerdas Festival).
Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih (kanan)
Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat menggelar rangkaian peringatan Hari Konsumen Nasional 2023 lewat acara Koncer Fest (Konsumen Cerdas Festival).

Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan Koncer Fest merupakan sebuah event inovatif yang mengusung tema utama edukasi konsumen cerdas dan perlindungan konsumen lewat tema 'Konsumen Cerdas Produk Berkualitas' serta tagline 'Cekas Jabar Cinta Belanja Karya Asli Jawa Barat'.

“Tujuannya mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang hak-hak konsumen dan memberikan wadah bagi masyarakat untuk memahami implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di Indonesia,” katanya, Selasa (22/8/2023).

Menurutnya kampanye konsumen cerdas kali ini dibuat lebih meriah sekaligus masuk dalam rangkaian kegiatan West Java Festival 2023 pada 2-3 September 2023 mendatang. Pihaknya melibatkan seluruh dinas Indag di 27 kabupaten/kota, UMKM dan animo konsumen. 

“Kampanye ini sengaja dikemas meriah agar pesannya sampai pada konsumen, semakin cerdas konsumen semakin berkualitas produknya,” ujarnya.

Sebelum sampai pada puncak Koncer Fest, Indag Jabar sudah menggelar pra event sejak 17 Agustus dan berakhir 5 September. Antara lain Program Diskon di 27 Kabupaten/Kota menggandeng Aprindo (Asosiasi Peritel Modern), PHRI (Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia), dan APPBI (Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia). 

“Kampanye konsumen cerdas di daerah diselingi dengan promo-promo diskon yang turut hadir di mal-mal, retail modern, hotel dan restoran seluruh 27 kabupaten/kota,” ujarnya.

Guna memperluas kampanye konsumen cerdas dan perlindungan konsumen, Indag Jabar juga menggelar lomba Video Challenge bagi organisasi perangkat daerah di Pemprov Jawa Barat, Mahasiswa dan Umum. Pendaftaran lomba sendiri dimulai pada 17-27 Agustus mendatang, dan pemenang akan diumumkan pada 2 September. 

Sekretaris Komisi II DPRD Jabar Yunandar Eka Perwira mengatakan pihaknya menyambut baik Koncer Fest yang kali ini digelar lewat sejumlah rangkaian acara baik pra event maupun event utama pada 2-3 September mendatang di Lapangan Gasibu. 

“Ini salah satu kegiatan yang penting bagi rakyat Jawa Barat, kami berharap bisa setiap tahun dilaksanakan. Jawa Barat selama ini selalu mendapat penghargaan Perlindungan Konsumen dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Menurutnya DPRD terus memberikan dukungan pada sosialisasi konsumen cerdas yang terus dilakukan oleh Indag Jabar. Upaya ini menurutnya bisa turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan produk yang lebih baik. “Sehingga para produsen kita bisa menghasilkan produk yang lebih baik lagi ke depan,” tuturnya.

Kegiatan Koncer Fest juga diharapkan membawa dampak ke wilayah lain di luar Kota Bandung. “Ke depannya nanti bisa menjadi salah satu kegiatan yang ditingkatkan, perlu ada pelayanan langsung di sentra-sentra UKM dan IKM terkait perlindungan konsumen,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler