Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.000 Penari Umbul Bakal Ramaikan Peresmian Menara Kujang Sapasang

Tari umbul akan dibawakan saat menyambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam peresmian Menara Kujang Sapasang.
Menara Kujang Sapasang di Kabupaten Sumedang. istimewa
Menara Kujang Sapasang di Kabupaten Sumedang. istimewa

Bisnis.com, SUMEDANG—Sebanyak 1.000 penari umbul akan meramaikan peresmian Menara Kujang Sapasang yang bakal dilaksanakan pada Minggu (13/8/2023).

Seribuan penari tersebut merupakan penari profesional bersama perwakilan dari setiap kecamatan. 

Rencananya, peresmian monumen kebudayaan sunda yang terletak di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, bakal dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Koordinator Tari Umbul, Rina Rubianti mengaku para penari sudah siap untuk memersembahkan penampilan terbaik dalam acara tersebut. 

"Sudah mencapai 75 persen, 25 persennya lagi tinggal latihan gladi resik di lokasi peresmian sekitar jam 09.00 WIB pagi sebelum puncak acara, yaitu jam 14.00 WIB," katanya, Sabtu (12/8/2023). 

Untuk menjaga kondisi dan stamina setiap penari, mereka diimbau untuk beristirahat cukup dan tidak melewatkan sarapan dan makan siang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Jadi setiap penari dipastikan harus memiliki kondisi yang fit, misalnya sarapan yang cukup karena lokasi yang akan dipakai nanti memiliki cuaca yang panas. Jadi pengkondisian masing-masing personil harus betul-betul disiapkan," terangnya. 

Rina memastikan, tidak ada kendala dalam mengkoordinir para penari umbul yang tergabung dari tiap-tiap kecamatan. 

"Setiap desa sudah punya tim Tari Umbul, dan juga kami mempunyai koordinator desa dan koordinator kecamatan. Kemudian kami melaksanakan latihan gabungan per kecamatan," tuturnya. 

Selaku koordinator tingkat kabupaten, dirinya mengaku bangga karena saat ini seni tradisional asli Sumedang, yakni tari umbul sudah diakui keberadaannya. 

"Zaman dahulu sekitar tahun 1997 penampilan tari umbul masih sangat-sangat dibatasi. Jika akan tampil, harus di tempat-tempat tertentu karena dianggap tarian erotis," tuturnya. 

Namun saat ini, lanjutnya, tari umbul sangat luar luar biasa diakui untuk tampil di berbagai event besar. 

"Tari umbul bukan hanya milik masyarakat Kecamatan Paseh saja, namun sudah menjadi milik masyarakat Sumedang," katanya. 

Hal senada diungkapkan Cucu Haryadi (49) selaku koordinator tari umbul Kecamatan Situraja. Pihaknya siap tampil menyemarakkan peresmian. 

"Hampir 90 persen tim tari umbul Kecamatan Situraja sudah siap, dari mulai pengkondisian keberangkatan dan persiapan kostum," ucapnya. 

Ucu menyebutkan, jumlah personil yang diterjunkan dari kecamatannya sebanyak 50 penari. 

"Sesuai instruksi camat, kami hanya menerjunkan 50 penari dari lima desa di Kecamatan Situraja," terangnya. 

Dia melanjutkan, tari umbul sudah menjadi ikon bagi Kecamatan Situraja, jadi tidak memerlukan waktu yang lama untuk masyarakat Situraja berlatih tari umbul. 

"Karena bagi masyarakat Situraja, tari umbul sudah menjadi seni yang melekat di hati warganya mulai dari anak-anak usia TK, remaja sampai ke ibu-ibu. Jadi kalau mau ada event seperti ini, tidak memerlukan waktu lama untuk berlatih," ujarnya. 

Dirinya berharap penampilan tari umbul dalam rangka peresmian Menara Kujang Sapasang bisa berjalan dengan lancar. 

"Saya selaku seorang seniman mengaku bahagia tari umbul akan dipakai untuk menyambut kedatangan gubernur sekaligus peresmian Kujang Sapasang. Kami juga akan memberikan penampilan terbaik pada saatnya nanti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper