Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Belum Diresmikan, Menara Kujang Sapasang Sudah Jadi Magnet Pariwisata di Sumedang

Menara Kujang Sapasang di Jatigede, Kabupaten Sumedang kini menjadi magnet baru pariwisata meski belum resmi beroperasi.
Menara Kujang Sapasang (kanan)
Menara Kujang Sapasang (kanan)

Bisnis.com, SUMEDANG -- Menara Kujang Sapasang di Jatigede, Kabupaten Sumedang kini menjadi magnet baru pariwisata meski belum resmi beroperasi.

Menara yang terletak di Kawasan Masjid Al Kamil ini mulai mencuri perhatian wisatawan lantaran memiliki desain menarik, serta lokasi yang strategis untuk menikmati keindahan Bendungan Jatigede.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir belum lama ini mengatakan, kawasan wisata yang terletak di Desa Jemah ini memang diproyeksikan untuk menjadi kawasan wisata baru di Sumedang. Selain karena keunikannya, kawasan tersebut juga nantinya bakal dilengkapi dengan aksebilitas, amenitas dan atraksi yang menarik.

"Ini akan menjadi kawasan wisata unggulan di Sumedang dan Jawa Barat, selain bisa menikmati keindahan Bendungan Jatigede, juga bisa ke Masjid Alkamil dan Menara Kujang Sapasang sebagai bentuk sinergitas antara kebudayaan dan agama," jelasnya.

Berdasarkan pantauan, lalu lintas wisatawan mulai meningkat jelang persemian yang rencananya bakal dilakukan pertengahan Agustus 2023 ini. 

Tak hanya pengunjung dari wilayah Sumedang melainkan dari berbagai wilayah di Jawa Barat, seperti dari Tangerang, Banten dan Semarang, Jawa Tengah.

Wisatawan asal Tangerang, Sri Hadiati (55), mengaku mengagumi kawasan wisata Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang, lantaran memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang hamparan perairan Jatigede.

"Ini (kawasan wisata Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang) bisa menjadi wisata religi juga, menjadi tempat foto-foto yang bagus dan bisa melihat indahnya Bendungan Jatigede, puas pokoknya," ujar Sri.

Sri yang datang bersama rombongan keluarga, mengaku dapat dapat informasi Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang dari pemberitaan dan sosial media.

"Sebelumnya hanya lihat di berita-berita saja. Jadi begitu ada agenda berwisata ke wilayah Jawa Barat saya ikut, dan akhirnya tahu tempat wisata ini," katanya.

Bagi masyarakat Jatigede, dibangunnya kawasan wisata Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang menjadi kebanggaan tersendiri. Terlebih, Gubernur Ridwan Kamil dalam waktu dekat bakal meresmikan destinasi wisata tersebut. 

"Lengkap sudah ada Bendungan Jatigede, kawasan wisata, sentra ikan dan lain-lain yang dibangun pemerintah. Dengan harapan warga disini bisa berdaya dan bisa menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat," kata Fajar, warga Desa Cijeungjing.

Untuk itu, kata dia, masyarakat akan menunggu peresmian kawasan wisata Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang oleh pemerintah daerah. Setelah itu harapan masyarakat, kawasan wisata bisa mendatangkan pengunjung yang banyak. Sehingga secara tidak langsung bisa menghidupkan sektor ekonomi warga setempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper