Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi Purwakarta Hingga Triwulan II Sudah Tembus 94,6 Persen

Kementerian BKPM mencatat realisasi investasi Kabupaten Purwakarta pada triwulan II 2023 mencapai Rp5,7 triliun.
Aktivitas karyawan di pabrik karoseri truk di kawasan industri Bukit Indah City, Purwakarta, Jawa Barat./Bisnis
Aktivitas karyawan di pabrik karoseri truk di kawasan industri Bukit Indah City, Purwakarta, Jawa Barat./Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA - Kementerian BKPM mencatat realisasi investasi Kabupaten Purwakarta pada triwulan II 2023 mencapai Rp5,7 triliun.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan investasi ke wilayahnya sejak beberapa tahun terakhir cenderung stabil, bahkan kerap melebihi target.

"Target realisasi investasi kita tahun ini adalah Rp9,5 triliun," ujar Anne dalam keterangannya, Rabu (26/7/2023).

Adapun nilai investasi tersebut, lanjut Anne, merupakan akumulasi dari realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalan negeri (PMDN). Terdiri dari, PMA sebesar Rp3,67 triliun (64,60 persen) dan PMDN sebesar Rp2,02 triliun (35,60 persen).

Anne merinci nilai investasi pada triwulan I 2023 sebesar Rp3,28 triliun dan pada triwulan II 2023 ini mengalami kenaikan yang signifikan dengan capaian sebesar Rp5,7 triliun, sehingga diakumulasikan realisasi investasi Kabupaten Purwakarta mencapai Rp8,99 triliun.

"Artinya capaiannya sudah di angka 94,6 persen," katanya.

Anne juga mengungkapkan, capaian tersebut dapat direalisasikan dengan diimplementasikannya pelayanan perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik melalui OSS RBA sehingga pelaku usaha diberi kemudahan dan kepastian dalam merealisasikan kegiatan usahanya.

"Mulai dari pelaku usaha mikro, kecil, menengah hingga besar. Selain itu keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara di pusat kota dan gerai pelayanan publik teras Madukara di empat kecamatan yang meningkatkan kemudahan akses pelaku usaha terhadap pelayanan perizinan berusaha, potensi investasi dan penyelesaian permasalahan dalam merealisasikan kegiatan usahanya," kata dia.

Anne berharap, manfaat-manfaat penanaman modal tersebut dapat lebih meningkatkan investasi yang bisa mendorong untuk membuka lapangan pekerjaan, juga meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

"Untuk kepentingan masuknya investasi tersebut, para pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta diminta terus melakukan percepatan dan peningkatkan peran dan fungsi pemerintah dalam pembangunan dan melaksanakan pelayanan publik," jelas dia.

Ia juga menegaskan bahwa saat ini, Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah tujuan investasi bagi para pelaku usaha yang ingin menanamkan modalnya untuk perluasan usahanya. Selain memiliki potensi pasar yang menjanjikan, untuk rantai pasok wilayah Purwakarta juga menunjang karena menjadi daerah perlintasan sejumlah kota besar.

"Kami akan terus berkomitmen dan fokus untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dengan berbagai langkah strategis antara lain dengan mengimplementasikan pelayanan perizinan berusaha yang terintegrasi," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper