Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akselerasi Serapan Investasi, Pemkab Sumedang Gelar Rakor Bersama Investor

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar rapat koordinasi dalam upaya meningkatkan serapan investasi.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir

Bisnis.com, SUMEDANG -- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar rapat koordinasi dalam upaya meningkatkan serapan investasi.

Hal ini dilakukan untuk mendengar langsung masukan dari investor terkait penerapan regulasi hingga langkah akseleratif iklim usaha di Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyebut kegiatan tersebut akan memberikan makna dan dampak dalam perkembangan usaha terutama dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. 

"Secara khusus saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh perusahaan yang ada di Sumedang yang telah memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lapangan pekerjaan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menggerakkan ekonomi dan ikut memajukan Sumedang dan mensejahterakan masyarakat," kata Dony, Jumat (14/7/2023).

Menurut Dony, berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak, beberapa indikator makro Sumedang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik lagi dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Menurutnya, salah satu tanda kemajuan daerah bisa dilihat dari IPM yang terdiri dari tiga indikator yaitu pendidikan kesehatan dan daya beli. 

"Alhamdulillah IPM Sumedang naik dari 71 ke 78 poin. Berarti di dalamnya ada peran serta perusahaan. Kedua, Kemiskinan turun dari 10,7 menjadi 10,1 persen, pengangguran turun dari 9 ke 7 persen. Kemudian untuk pertumbuhan ekonomi di 5 persen. Adapun untuk indeks gini rasio naik 0,3 di bawah rata rata nasional," pungkasnya.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumedang Kemal Idris mengatakan gelaran bersama para investor ini adalah untuk menjalin komunikasi yang efektif antara investor atau para pelaku usaha dengan Pemkab Sumedang serta menampung berbagai saran dan masukan terkait penyelenggaraan kegiatan usaha. 

"Output yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah tumbuhnya kepercayaan investor untuk berinvestasi di Kabupaten Sumedang," tuturnya.

Ia berharap melalui pertemuan itu, diharapkan terjalin sinergi dan terfasilitasinya penanganan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha dalam pelaksanaan kegiatan usaha di Sumedang. 

"Rakor dapat meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan berbagai kewajiban perusahaan, salah satunya terkait dengan laporan kegiatan penanaman modal  [LKPM]," ujarnya. 

Ia menjelaskan, untuk Triwulan I Tahun 2023 realisasi investasi di Kabupaten Sumedang berdasarkan hasil LKPM yang telah diverifikasi oleh penelitian investasi BKPM sebesar Rp1,8 triliun dari Januari s.d Maret, sementara target progresif kita Rp3,6 triliun. 

"Alhamdulillah di triwulan pertama sudah di atas 50 persen dengan jumlah perusahaan yang melapor  LPKM sebanyak 100 perusahaan dan sebagian di antaranya perusahaan yang bergerak di sektor industri," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper