Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimalisasi Tol Cisumdawu, Bupati Dony: Kami Sudah Lebih dari Siap

Operasionalisasi penuh Tol Cisumdawu diyakini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir

Bisnis.com, SUMEDANG -- Operasionalisasi penuh Tol Cisumdawu diyakini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya sudah lebih dari siap dalam menyambut operasionalisasi Tol Cisumdawu tersebut.

Mulai dari persiapan birokrasi hingga persiapan infrastruktur sudah dilakukan untuk menyambut optimalisasi tol sepanjang lebih dari 60 kilometer tersebut. 

"Kita sudah persiapkan ini dari jauh-jauh hari menuju peresmian yang kemarin kita saksikan bersama," ungkap Dony, Kamis (13/7/2023). 

Kesiapan tersebut menurutnya dilakukan melalui penataan birokrasi, kebijakan hingga infrastruktur pendukung konektivitas Tol Cisumdawu. Belum lagi pihaknya kini terus menggodok kesiapan sarana prasarana menuju objek wisata dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Kita siapkan untuk mengoptimalkan kemudahan akses orang ke Sumedang, dia datang ke Sumedang itu bisa menikmati banyak hal," jelasnya. 

Pasalnya, ia menilai mobilisasi akan semakin mudah untuk menuju ke Sumedang dengan mengakses Tol Cisumdawu. Dari Bandung saja, hanya membutuhkan kurang dari 30 menit sudah bisa sampai ke Sumedang Kota. 

Sehingga hal tersebut harus menjadi peluang bagi Kabupaten Sumedang dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah yang bertumpu pada pariwisata dan UMKM. 

"Peluang ini harus ditangkap oleh Sumedang untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. 

Terlebih, dengan mudahnya akses menuju Sumedang, hal tersebut praktis akan membuat angka wisawatan meningkat. Beberapa objek wisata pun sudah disiapkan untuk menarik minat wisatawan. 

"Ada Masjid Al Kamil, Menara Kujang Sapasang, Taman Seribu Cahaya, belum lagi di daerah kota dan daerah Jatinangor, Jatinangor National Park, dan nanti akan bertambah lagi," jelasnya. 

Selain itu, pertumbuhan Sumedang Industrial Polis di Buahdua, Ujungjaya dan Tomo (Butom) pun diyakini akan berkembang pesat dengan adanya Tol Cisumdawu ini. Ia mengatakan memang selama ini investor masih menunggu tol yang menghubungkan Cileunyi hingga Dawuan tersebut bisa beroperasi penuh. 

"Saya sudah menawarkan juga ke banyak investor mancanegara untuk beroperasi di Sumedang," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper