Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Capaian Business Matching UMKM dalam KKJ-PKJB Tembus Rp48,45 Miliar

Bussiness matching pada gelaran KKJ dan PKJB 2023 sukses salurkan pembiayaan permodalan lebih dari Rp48,45 miliar.
KKJ PKJB
KKJ PKJB

Bisnis.com, BANDUNG -- Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea menyebut business matching pada gelaran Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2023 sukses salurkan pembiayaan permodalan lebih dari Rp48,45 miliar.

Jumlah tersebut disalurkan kepada 14 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh tujuh bank.

Erwin mengatakan jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya pada gelaran ke-4 di tahun 2023 ini. Selain peningkatan capaian pada business matching, pengunjung pun menurut Erwin mengalami peningkatan.

Hal tersebut bisa dikarenakan pelaksanaan KKJ dan PKJB digelar di Gedung Sate, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses gelaran tersebut.

"Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pegiat UMKM pendukung acara, perbankan, pengisi acara dan tentunya kepada seluruh warga Jawa Barat yang telah hadir menyemarakan rangkaian KKJ dan PKJB 2023," ungkap Erwin, Senin (10/7/2023).

Ia berharap kegiatan KKJ dan PKJB ini bisa menjadi momentum kebangkitan UMKM di Jawa Barat sekaligus mengangkat citra budaya Jawa Barat menjadi percontohan sinergitas di daerah lainnya dan melahirkan UMKM yang memiliki ketahanan ekonomi tinggi sebagai penopang perekonomian dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

"Selama tiga hari ini kita saksikan bersama komitmen kami bersama seluruh stakeholders terkait dalam pengembangan UMKM di antaranya kolaborasi dalam korporatisasi, peningkatan kapasitas, dukungan pembiayaan, dorongan UMKM do digital dan do export, termasuk implementasi UMKM hijau dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelas dia.

KKJ dan PKJB ini tuntas digelar di Gedung Sate Bandung selama tiga hari berturut-turut, sejak 7-9 Juli 2023. Lebih dari 120 UMKM kreatif, mulai dari kriya, fesyen, makanan dan minuman, hingga craft terlibat dalam gelaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper