Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perputaran Uang Selama Ajang KKJ PKJB 2023 Capai Rp2,3 Miliar!

Kepala Dinas Industri Perdagangan Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan pihaknya puas dan bersyukur banyak target KKJ - PKJB tahun ini tercapai.
KKJ PKJB 2023
KKJ PKJB 2023

Bisnis.com, BANDUNG--Karya Kreatif Jabar - Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ PKJB) 2023 mencetak perputaran uang Rp2,5 miliar selama tiga hari penyelenggaraan Jumat-Ahad (7-9/7/2023) di area Gedung Sate Bandung.

Ini berdasarkan hitungan Perwakilan Bank Indonesia Jabar dari transaksi tercatat melalui pembayaran digital QRIS. Seluruh transaksi KKJ - PKJB memang menggunakan QRIS.

Kepala Dinas Industri Perdagangan Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan pihaknya puas dan bersyukur banyak target KKJ - PKJB tahun ini tercapai.

Di antaranya mendorong perluasan akses pasar UMKM. Kedua, meningkatkan akses dari jasa keuangan dari perbankan. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital, dan meningkatkan nilai tambah dari sektor industri kecil menengah dan perdagangan.

"Hasil yang diperoleh sangat menakjubkan, nilai perputaran ekonomi yang tejadi selama KKJ- PKJB 2023 hasil perhitungan Bank Indonesia, dan setelah dihitung Rp2,5 miliar dalam tiga hari ini," katanya, Senin (10/7/2023).

Hal ini, kata Noneng, menunjukkan minat masyarakat terhadap produk kreatif dan kerajinan tangan Jabar tinggi.

Tak lupa, Noneng mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yakni Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, OJK, perbankan, peserta tenan, perangkat daerah, pemda kabupaten/kota, serta pengunjung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Pekan Kreatif Jawa Barat sebagai identitas warga Jabar. Dimana 97 persen tenaga kerja di jawa barat terserap melalui UMKM dengan perputaran ekonomi berkisar di angka 60 persen.

“Ini membanggakan, semua yang peduli ekonomi harus terlibat dalam memajukan ekonomi dalam bentuk infrastruktur even, pinjaman kepada pelaku ekonomi kreatif dan dukungan lainnya. Jadi ada bentuknya even, announce, infrastruktur seperti ini,".

"Finansial atau kemudahan regulasi semua harus kompak, kayak main bola berpartisipasi memenangkan pertarungan kompetisi dengan kewenangan masing-masing. Jadi pekan kerajinan juga bagian dari peta besar menjadikan jawa barat ekonomi kreatifnya maju dan jadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya mengungkapkan, kegiatan tahunan ini merupakan suatu bentuk kerja sama yang luar biasa antara BI Jabar, Pemprov, dan Dekranasda, hingga beberapa stakeholder lainnya.

Bahkan kegiatan yang dilakukan kali ini, Atalia menyebut lebih menarik dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

"Ini (PKJB 2023) adalah tahun ke-5, dan hari ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dan Tahun ini Alhamdulillah kita bisa melakukannya di pelataran Gedung Sate, dan ini hampir dari mulai jalan didepan sampai kebelakang itu, semuanya untuk mendorong kegiatan UMKM kita, termasuk banyak juga yang kita libatkan," ujarnya

Selain itu, PKJB tahun ini juga Atalia menambahkan dimeriahkan oleh kegiatan Helaran yang diikuti oleh Dekranasda dari 27 kabupaten/kota di Jabar.

"Jadi mereka akan menampilkan karya-karya terbaik mereka dalam bentuk pawai. sehingga mudah-mudahan, masyarakat akan mendapatkan visualisasi dengan jelas dalam mendapatkan prodak-prodak unggulan di seluruh Jabar," ungkapannya

Maka dari itu ia berharap, dengan adanya gelaran PKJB tahun ini dapat menjadi sebuah kebangkitan ekonomi bagi para pelaku UMKM khususnya industri kreatif.

"Harapan kami tentu dari kegiatan ini, akan memberikan cita kekuatan terkait bagaimana prodak kita ini sebetulnya luar biasa bagus dan bagaimana kita melestarikannya. Jadi ini adalah salah satu upaya kita untuk memberikan akses ke pasar yang lebih luas. Sehingga dari sini mungkin akan banyak sekali pembeli," pungkasnya

Dalam KKJ-PKJB 2023 dihadirkan berbagai macam hasil kerajinan. Sedikitnya 120 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Jawa Barat ambil bagian untuk memamerkan fashion, craft, lifestyle, home décor, serta food and beverage.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper