Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3.625 Hewan Kurban di Kabupaten Cirebon Laik Disembelih

Dari 3.625 hewan ternak yang sudah diperiksa, 2.222 ekor merupakan domba/kambing dan 1.403 sapi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Tengah Tani Kabupaten Cirebon melakukan pemeriksaan 3.625 ekor ternak yang bakal disembelih pada Hari Raya Iduladha 1444 H.

Kepala UPT Puskeswan Tengah Tani Kabupaten Cirebon Nova Abdu Nugraha mengatakan dari 3.625 hewan ternak yang sudah diperiksa, 2.222 ekor merupakan domba/kambing dan 1.403 sapi.

“Pemeriksaan tersebut dilakukan di sebagian wilayah Kabupaten Cirebon bagian utara, tengah, dan sebagian timur,” kata Nova di Kabupaten Cirebon, Jumat (23/6/2023).

Nova memastikan, 3.000 lebih hewan ternak yang diperiksa dalam kondisi sehat dan laik disembelih untuk prosesi kurban. Kondisi fisiknya pun tidak mengalami cacat.

“Bebas dari PMK atau juga LSD,” kata Nova.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat mencatat, ada 261.000 hewan kurban yang akan disembelih oleh masyarakat muslim Jawa Barat. 

Kepala DKPP Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan ada sekitar 4.000 anggota tim pemeriksa kesehatan hewan yang dilepas ke 27 kabupaten/kota. 

“Mereka sudah seminggu ke belakang jalan [monitoring],” ujarnya. 

Terkait penyakit cacar sapi, dia memastikan sampai saat ini pihaknya tidak menemukan kasus baru mengingat kasus terakhir terjadi di akhir 2022 lalu. 

“Kita tindaklanjuti, di awal tahun sudah terkendali, kalaupun ada itu ada pelaporan di sistem yang telat,” tuturnya. Kemudian untuk PMK dia tidak memungkiri jika kasus ini masih ada karena tingginya lalu lintas hewan ternak di Jawa Barat. 

Namun sama halnya dengan Covid-19, tingkat imun hewan ternak di provinsi ini menurutnya sudah tinggi. “Dengan vaksin dan pengobatan PMK turun lagi. Tapi tetap kewaspadaan kami tingkatkan, tim hewan kurban ini jalan untuk memastikan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper