Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Daerah di Jabar Gabung Digital Services Living Lab

Pemkab Sumedang diberikan tugas dari Pemprov Jabar untuk bersama Dinas Kominfo Jabar dan tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat melaksanakan workshop penerapan SPBE
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman

Bisnis.com, SUMEDANG-- Tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat bergabung dalam piloting penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam Platform Digital Services Living Lab.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman dalam kegiatan Workshop Penerapan SPBE dan Platform Digital Services Living Lab di Aula Tampomas PPS. 

Menurut Herman, Pemkab Sumedang diberikan tugas dari Pemprov Jawa Barat untuk bersama Dinas Kominfo Jawa Barat dan tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat melaksanakan workshop penerapan SPBE . 

"Tujuh kabupaten kota gabung di Living Lab di antaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut, Kota Bogor dan Kota Tasikmalaya langsung melakukan aksi nyata, aksi konkret untuk meningkatkan kualitas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," ujarnya. 

Sumedang sendiri, lanjut Herman, menjadi daerah dengan transformasi digital terbaik di Indonesia dengan indeks SPBE 3,84.

"Demikian juga dengan Provinsi Jawa Barat, saat ini merupakan salah satu provinsi paling digital di Indonesia. Dengan workshop ini, diharapkan 8 kabupaten kota ini menjadi piloting untuk Kabupaten/Kota lain di Indonesia," tuturnya. 

"Dengan terlaksana kegiatan ini, Jabar Juara untuk digital bisa terlaksana dan Sumedang yang menjadi bagian yang mensupport untuk mewujudkan Jabar Digital Province," katanya. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengatakan, Sumedang dipilih untuk menjadi tuan rumah workshop karena SPBE Kabupaten Sumedang tertinggi di Indonesia yaitu 3,84. 

"Keberhasilan Kabupaten Sumedang menjadi salah satu faktor keberhasilan Provinsi. Maka dari itu, kami tidak ingin meninggalkan kabupaten/kota lain di Jabar sehingga kami mengajak tujuh Kabupaten/Kota lainnya untuk belajar platform digital di Kabupaten Sumedang untuk peningkatan pelayanan publik," imbuhnya. 

Ika berharap, seluruh platform layanan publik di kabupaten/kota bisa terintegrasi satu sama lain dalam satu platform digital. 

"Jadi saya berharap hanya dengan mengakses satu platform, kita bisa langsung masuk ke masing-masing Kabupaten/Kota dan itu semua harus didukung dengan teknologi yang mempuni salah satu yang dimiliki oleh Kabupaten Sumedang," imbuhnya. 

Sementara itu Sekda Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mengatakan, Kabupaten Sumedang merupakan guru terbaik untuk kabupaten/kota di Indonesia terutama dalam meningkatkan indeks SPBE. 

"Kita banyak belajar di Kabupaten Sumedang. Dengan kolaborasi antar kabupaten/kota ini, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik dan peningkatan citra pemerintahan di masyarakat. Saya yakin Jawa Barat bisa menjadi provinsi terdepan di Indonesia dengan Sumedang di dalamnya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper