Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaah Haji asal Kabupaten Cirebon Berangkat Mulai 31 Mei 2023

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon menyebutkan jemaah haji 2023 asal Kabupaten Cirebon akan diberangkatkan perdana pada 31 Mei 2023.
Cek keberangkatan haji/Pexels
Cek keberangkatan haji/Pexels

Bisnis.com, CIREBON - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon menyebutkan jemaah haji 2023 asal Kabupaten Cirebon akan diberangkatkan perdana pada 31 Mei 2023.

Berdasarkan informasi, jemaah haji yang berangkat pada 31 Mei 2023 ini masuk ke dalam kelompok terbang (kloter) 4.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Cirebon Yuto Nasikin mengatakan, jemaah haji bakal berangkat pada tanggal merupakan merupakan warga dari Kecamatan Arjawinangun dan Panguragan.

“Jamaah yang pada kloter 4 nantinya akan dikumpulkan di asrama haji Indramayu dan take off ke Jeddah pada Kamis, 1 Juni 2023,” kata Yuto di Kabupaten Cirebon, Senin (21/5/2023).

Yuto menyebutkan, jadwal pemberangkat paling akhir untuk jemaah haji asal Kabupaten Cirebon pada Rabu (21/5/2023). Pada tanggal tersebut masuk ke dalam kloter 24.

Kemenag Kabupaten Cirebon mencatat, calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada 2023 ini sebanyak 2.412.

persiapan pihaknya untuk memberangkatkan calon haji sudah lebih dari 90 persen.

Tahun sebelumnya, Kabupaten Cirebon hanya mendapatkan kuota sebanyak 1.092. Hal ini karena Indonesia hanya mendapatkan jatah sekira 150.000.

Kemenag Kabupaten Cirebon memastikan, pada 2023 ini jemaah haji bakal didominasi oleh kelompok lanjut usia (lansia), berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dikatakan Yuto, hal itu terjadi karena dalam tiga tahun terakhir kelompok tersebut tidak ke tanah suci karena pandemi covid-19.

“Jemaah lansia menumpuk di tahun 2023 ini. Kalau melihat kuota nasional sebanyak 221 ribu, maka jumlah lansianya sekira 63 ribu," kata Yuto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper