Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

62 Tahun Bank BJB, Kontribusinya Bagi Perekonomian Bikin Hepi

Pada usia yang semakin matang, Bank Bjb semakin gesit dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional juga daerah.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 22 Mei 2023  |  12:01 WIB
62 Tahun Bank BJB, Kontribusinya Bagi Perekonomian Bikin Hepi
Dirrektur Utama Bank Bjb Yuddy Renaldi memotong tumpeng dalam perayaan HUT Bank Bjb ke/62. istimewa

Bisnis.com,BANDUNG—PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank Bjb berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi seiring usia perseroan yang genap 62 tahun.

Direktur Utama Bank Bjb Yuddy Renaldi mengatakan pencapaian istimewa bagi sebuah perbankan melewati usia puluhan tahun.

Menurut dia, pada usia yang semakin matang, Bank Bjb semakin gesit dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional juga daerah. 

"Bank Bjb berkomitmen untuk terus memberikan manfaat serta kebahagiaan untuk Indonesia dalam era digitalisasi dan tantangan ekonomi di tahun ini," katanya dikutip dari rilis resmi, Senin (22/5/2023).

Yuddy mengatakan pada perayaan ulang tahun ini, kata kunci yang dihadirkan yaitu Happy atau Bahagia. Memiliki makna, kebahagiaan warga Indonesia sangat berarti untuk perwujudan kehadiran bagi bank Bjb, agar senantiasa memberikan manfaat bagi warga Indonesia.

“Bank Bjb berkomitmen untuk membuat warga Indonesia #MakinHepi dalam wujud syukur usia 62 tahun ini,” kata Yuddy .

Dia menambahkan perseroan telah melakukan berbagai acara baik yang bersifat internal, maupun kegiatan yang secara langsung dirasakan oleh nasabah atau masyarakat. Salah satunya program diskon selama periode ulang tahun. Kemudian, melalui program HepiBerbagi, bank Bjb menebar semangat berbagi melalui kegiatan sosial maupun amal yang berfokus dalam pilar utama Corporate Social Responsibily (CSR) bank Bjb .

"Program lain yaitu HepiHemat dengan menghadirkan berbagai promo serta inovasi produk maupun layanan dan masih banyak lagi," katanya.

Yuddy menambahkan, berbagai program yang dihadirkan bank bjb selama periode ulang tahun ke 62 merupakan salah satu wujud nyata untuk lebih memberikan kebermanfaatan bagi para stakeholder maupun shareholder.

Setiap program perayaan ulang tahun, sektor UMKM selalu diajak untuk terlibat dengan tujuan untuk memberikan kesempatan agar para UMKM di daerah dapat meningkatkan kualitas sekaligus juga memperluas pasar. 

"Tentu saja, dalam setiap kegiatan tersebut, selalu menggunakan pendekatan digital, terutama pada aspek transaksi, agar masyarakat, pelaku usaha, generasi milenial yang hadir akan semakin melek terhadap teknologi keuangan dan semakin memperluas inklusifitas keuangan," katanya.

Menurut dia, Bank Bjb berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong pemberdayaan UMKM, mendukung digitalisasi, kepedulian terhadap lingkungan, penerapan tata kelola yang baik.

Sementara pada sisi shareholder alias pemegang saham, Bank bjb pun berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, dibuktikan dengan kenaikan dividen setiap tahun dan juga selalu mendukung program pemerintah daerah. 

Sebagai informasi, Bank Bjb membagi dividen untuk Tahun Buku 2022 sebesar Rp1,1 triliun. Angka tersebut setara dengan 49,47 persen dari laba bersih yang berhasil dibukukan perseroan pada Tahun Buku 2022 sebesar Rp2,22 triliun.

Bahkan tahun buku 2022 bank  Bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba yang berkualitas, sehingga dividen per lembar saham pun meningkat dari Rp99,11 menjadi Rp104,55.  

Yuddy menilai capaian positif yang diraih bank Bjb pada usia 62 tahun juga berkat dukungan nyata pemegang saham, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemegang saham terbesar. 

Saat ini bank Bjb memiliki ribuan jaringan kantor yang tersebar di 14 Provinsi di Indonesia. Per Maret 2023, ekosistem digital bank bjb terus bertumbuh pesat dengan jumlah pengguna DIGI Mobile apps user sebanyak 1,38 juta user, tumbuh 103 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan QRIS merchant sebanyak 945,9 ribu merchant, tumbuh 70,8 persen dibandingkan tahun sebelumnyaa.

Bank Bjb juga terus memperluas aliansi bisnis, untuk semakin memperkuat kinerja. Antara lain melalui perluasan layanan perbankan melalui Kelompok Usaha Bank (KUB), yakni bersinergi dengan BPD-BPD yang sehat dan berkinerja baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank bjb bpd jawa barat
Editor : Dinda Wulandari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
    QR Code e-paper Bisnis Indonesia SVG Logo Epaper2
    back to top To top