Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citarum Harum: Tiga Daerah di Jabar Tahun Ini Targetkan Bebas BAB Sembarangan

Dinas Kesehatan Jabar menargetkan Program Citarum Harum menjadi salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Kesehatan Jabar menargetkan Program Citarum Harum menjadi salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana mengatakan STBM 5 pilar merupakan salah satu upaya memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan pada petugas pengelola program penyehatan air dan sanitasi dasar Kabupaten/Kota.

"Ini untuk pencapaian percepatan target Jawa Barat dalam menjalankan STBM 5 pilar sebagai upaya menciptakan Citarum Harum,” katanya dikutip Minggu (21/5/2023).

Selama 15 tahun lebih STBM berjalan di Jawa Barat, pada 2021 pertama telah memunculkan 3 kabupaten yang sudah mendeklarasikan dirinya sebagai kabupaten yang terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS), yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang dan Kabupaten Sukabumi.

Pada tahun 2022 ditambah lagi 2 kabupaten dan 1 kota yang sudah mendeklarasikan ODF yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut dan Kota Depok.

“Tahun 2023 ini Kota Bandung, Kota Banjar serta Kabupaten Pangandaran sudah mendeklarasikan BABS dan sedang berproses untuk mendapatkan sertifikat dari Gubernur Provinsi Jawa Barat,” tambahnya.

Sungai Citarum terbentang sepanjang 297 km dengan hulu di Situ Cisanti Kabupaten Bandung dan bermuara di Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

Aliran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum  melintasi  12 Kabupaten/ Kota di Jawa Barat. Selain menjadi sumber air baku untuk air minum, Sungai Citarum juga menjadi sumber irigasi untuk ratusan ribu hektar sawah serta pembangkit listrik untuk Pulau Jawa dan Bali. 

DAS Citarum mengalami pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat tingginya aktivitas domestik dan industri di pinggiran sungai citarum.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper