Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Persen Jemaah Haji Asal Kabupaten Cirebon Belum Lunasi Biaya Perjalanan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon mencatat calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada 2023 ini sebanyak 2.412.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon mencatat calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada 2023 ini sebanyak 2.412.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Cirebon, Yuto Nasikin mengatakan, persiapan pihaknya untuk memberangkatkan calon haji sudah 90 persen.

Namun, hingga Selasa (9/5/2023) siang, jumlah calon haji yang sudah melunasi biaya perjalanan baru 85 persen dari total 2.412 orang.

“Secara teknis tidak ada masalah. Calon jemaah yang belum lunas sebagian besar mereka pernah ibadah haji dan sebagian lainnya adalah lansia tanpa pendamping,” kata Yuto, Rabu (10/5/2023).

“Pemberangkatan pertama pada kloter 4, 31 Mei 2023 dan 3 Juni 2023,” sambungnya.

Tahun sebelumnya, Kabupaten Cirebon hanya mendapatkan kuota sebanyak 1.092. Hal ini karena Indonesia hanya mendapatkan jatah sekira 150.000.

Kemenag Kabupaten Cirebon memastikan, pada 2023 ini jemaah haji bakal didominasi oleh kelompok lanjut usia (lansia), berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dikatakan Yuto, hal itu terjadi karena dalam tiga tahun terakhir kelompok tersebut tidak ke tanah suci karena pandemi covid-19.

“Jemaah lansia menumpuk di tahun 2023 ini. Kalau melihat kuota nasional sebanyak 221 ribu, maka jumlah lansianya sekira 63 ribu," kata Yuto.

Calon jemaah haji asal Kabupaten Cirebon, mulai menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum pemberangkatan ibadah haji ke tanah suci pada Juni 2023.

Pantauan Bisnis.com, Senin (8/5/20223), pemeriksaan tersebut berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. 

Dalam skrining kesehatan tersebut, calon jemaah haji harus menjalani pemeriksaan berat badan, pemeriksaan tinggi badan, lingkat perut, cek darah, cek urine, hingga kesehatan jiwa. 

Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Dendi Hamdi mengatakan, jumlah calon jemaah haji yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebanyak 2.400 orang. 

Namun, pemeriksaan dilakukan secara bertahap mulai Senin (8/5/2023) hingga Senin (15/5/2023). 

"Bertahap, setiap harinya dilakukan pemeriksaan kepada 250 sampai 300 calon jemaah," kata Dendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper