Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran, Wisata Kabupaten Cirebon Melandai

Kabupaten Cirebon memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada wisatawan. Mulai dari kekayaan budaya, sejarah, hingga ragam kuliner.
Wisata Religi Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gunungjati./Bisnis
Wisata Religi Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gunungjati./Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Aktivitas kepariwisataan di Kabupaten Cirebon terpantau landai pada masa libur Hari Raya Idulfitri 1444 H. 

Pantauan di Kawasan Batik Trusmi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, suasana di pusat belanja batik itu tidak terlalu ramai. Lalu lalang kendaraan di kawasan tersebut masih didominasi oleh warga lokal.

Kemudian di kawasan wisata Religi Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gunungjati, masih terpantau landai. Peziarah yang datang pun sebagian merupakan warga lokal Kabupaten Cirebon.

Pedagang di Centra Batik Trusmi, Yani mengatakan belum ada lonjakan pembelian kain maupun pakaian batik. Padahal, lokasi centra tersebut berada di jalur pantai utara (pantura) yang dilintasi pemudik.

“Masih sepi seperti biasa. Kami mengandalkan penjualan online saja,” kata Yani di Kabupaten Cirebon, Rabu (26/4/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon Abraham Mohamad mengaku potensi wisata di wilayahnya cukup besar. Namun, upaya pengembangan sektor tersebut masih terhambat oleh terbatasnya infastruktur.

Berbicara soal potensi, Kabupaten Cirebon memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada wisatawan. Mulai dari kekayaan budaya, sejarah, hingga ragam kuliner.

Namun, potensi yang disuguhkan tersebut terganjal dengan belum adanya akses memadai, jalan rusak, minim penerangan jalan umum, hingga tumpukan sampah di hampir semua objek wisata.

"Seperti contoh di Kawasan Batik Trusmi, di sana jalan rusak, sehingga banyak wisatawan yang kapok datang. Selain itu, beberapa jalan ke situs-situs budaya juga masih belum baik," kata Abraham.

Kondisi tersebut tidak hanya merugikan bagi wisatawan, melainkan para pelaku usaha atau mereka yang menggantungkan hidupnya dari aktivitas kepariwisataan.

Ada tiga sektor unggulan wisata di Kabupaten Cirebon yaitu wisata ziarah di Kecamatan Gunungjati, wisata kuliner di Kecamatan Plered dan sekitarnya, serta wisata batik di Kawasan Batik Trusmi, Kecamatan Weru.

Beberapa destinasi wisata yang saat ini sedang dikenalkan pemerintah, yaitu wisata Batu Lawang, wisata alam Pantai Losari, wisata kampung seni Gegesik, wisata Jamblang dan Siti Winangun, dan industri rotan di Tegalwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper