Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eksotika Taman Batu Cijanun Purwakarta, Cocok Jadi Lokasi Wisata Keluarga

Kawasan Taman Batu Cijanun memang menjadi salah satu lokasi wisata favorit di wilayah Purwakarta.
Kawasan Taman Batu Cijanun di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. 
Kawasan Taman Batu Cijanun di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. 

Bisnis.com, PURWAKARTA - Libur lebaran bingung mau kemana? Mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta. Pasalnya, di kabupaten kecil ini banyak lokasi indah yang sangat cocok untuk tujuan melancong.

Sebut saja di antaranya, kawasan wisata yang ada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong. Di wilayah bagian selatan Kabupaten Purwakarta ini, ada satu kawasan dengan suguhan pemandangan alam yang indah berupa mata air besar berhias taman batu yang juga dikelilingi pegunungan hijau.

Taman Batu Cijanun, begitulah kawasan itu diberi nama. Lokasi wisata ini mulai dibuka 2017 lalu dan hampir setiap akhir pekan atau saat musim liburan seperti sekarang ini, lokasi tersebut selalu dipadati pengunjung, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya menjelaskan kawasan Taman Batu Cijanun memang menjadi salah satu lokasi wisata favorit di wilayahnya.

Di samping bisa menikmati suasana alam yang masih asri, di kawasan wisata alam ini para wisatawan juga bisa bebas bermain air di sebuah kolam yang posisinya di atas pegunungan.

"Di Taman Batu Cijanun ini suguhan utamanya itu wahana air dan pemandangan alam yang masih asri," ujar Acep kepada Bisnis.com, Rabu (26/4/2023). 

Menurut Acep, selain keindahan alam yang masih asri kawasan taman batu yang dihias di sekeliling mata air besar itu juga yang menjadi daya tariknya. Apalagi, lokasi ini dikelilingi pesawahan, perbukitan dan hutan. Tak heran, banyak di antara pengunjung pun memanfaatkan lokasi ini untuk sekedar berfoto.

"Eksotika alam di Taman Batu Cijanun ini sangat luar biasa. Apalagi, lokasi ini dikelilingi panorama lain berupa taman batu. Sehingga, ini cocok dijadikan tempat wisata keluarga," kata dia.

Untuk yang berniat datang ke Cijanun, lanjut dia, wisatawan tak perlu khawatir tersesat. Karena, kampung wisata ini sangat mudah dicari. Jika wisatawan datang dari Bandung ataupun Jakarta via Tol Cipularang, cukup keluar Gerbang Tol Sadang atau Jatiluhur.

Kemudian, ambil arah perjalanan melalui jalur arteri yang menuju Wanayasa. Setelah melewati Situ Wanayasa, sekitar 500 meter didepannya ada pertigaan jalan.

Dari pertigaan tersebut, wisatawan jangan mengambil jalur yang belok ke kiri. Tapi, mengambil jalur lurus lalu belok ke kanan. Kemudian, ikuti terus jalan alternatif menuju KBB yang sudah beraspal itu menuju Kecamatan Bojong.

Dari pertigaan Wanayasa tadi, kurang lebih sekitar lima kilometer perjalanan menuju Kecamatan Bojong. Sangat mudah menuju lokasi mata air besar ini. Meskipun minim penunjuk arah, tapi jika bertanya lokasi Cijanun kepada warga sekitar maka pasti semua warga menuju Kecamatan Bojong akan mengetahuinya.

Jika dihitung total, jarak tempuh menuju taman batu Cijanun ini sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Akses jalan menuju kawasan tersebut pun relatif sudah sangat bagus. Bahkan, warga yang datang ke lokasi ini akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat luar biasa berupa hamparan perkebunan hijau di kiri kanan jalan.

Selain perkebunan, wisatawan pun akan disuguhi jalanan yang berkelok dan naik turun. Jika beruntung, mereka pun akan berkesempatan melihat burung-burung hutan beterbangan dengan liarnya. Pemandangan seperti ini, mungkin tidak akan dijumpai di pusat kota. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper