Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran, 138.772 Pelancong Kunjungi Kawasan Wisata di Kabupaten Purwakarta

Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya menuturkan daerahnya masih menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat.
Sekda Purwakarta Norman Nugraha (rompi biru) saat melakukan monitoring ke lokasi wisata di momentum libur lebaran. /Disporaparbud Purwakarta
Sekda Purwakarta Norman Nugraha (rompi biru) saat melakukan monitoring ke lokasi wisata di momentum libur lebaran. /Disporaparbud Purwakarta

Bisnis.com, PURWAKRTA – Sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Purwakarta ternyata masih mengundang pesona bagi mereka yang doyan melancong. Terbukti, di momentum liburan Idulfitri 1444 H, jumlah pelancong yang datang ke daerah ini cukup banyak, yakni mencapai 138.772 pengunjung.

Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya menuturkan daerahnya masih menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat. Adapun untuk kunjungan wisatawan yang paling banyak itu dari wisata kuliner dan wisata dengan suguhan wahana air. 

"Selama tiga hari setelah lebaran, wisatawan yang datang ke wilayah kita itu tercatat 138.772 pengunjung dalam negeri. Serta, 14 wisatawan mancanegara yang kebanyakan dari Korea," ujar Acep kepada Bisnis.com, Rabu (26/4/2023).

Acep menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan tersebut merupakan akumulasi dari data yang dihimpun jajarannya sejak H+1 hingga H+3 lebaran di seluruh destinasi wisata yang ada.

Acep memprediksi, jumlah kunjungan ini akan kembali meningkat di akhir pekan ini. Karena, bertepatan dengan akhir liburan sekolah.

"Wisata kuliner dan itu wisata buatan dengan suguhan wahana air yang paling banyak dikunjungi. Di antaranya, Cikao Park di Kecamatan Jatiluhur dan Taman Batu Cijanun di Kecamatan Bojong," kata dia.

Sebenarnya, kata Acep, pihaknya sudah memperkirakan sebelumnya jika lonjakan wisatawan ini akan terjadi di momentum libur lebaran kemarin. Atas dasar itu pula, di momentum libur lebaran itu jajarannya juga mengintensifkan monitoring ke sejumlah lokasi wisata tersebut. 

Pihaknya pun mengapresiasi, karena seluruh pengelola wisata yang ada ternyata juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya guna memberikan pelayanan terbaik untuk para pengunjungnya.

Acep menambahkan, di Kabupaten Purwakarta saat ini telah ditetapkan 62 destinasi wisata. Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya merupakan lokasi wisata alam/buatan milik swasta. Selebihnya, adalah wisata religi dan kuliner.

Untuk diketahui, selama libur lebaran kemarin ada tiga lokasi wisata di Purwakarta yang paling banyak dikunjungi. Pertama ada Taman Batu Cijanun yang lokasinya berada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong. Ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang terpopuler sepanjang 2022 kemarin.

Adapun suguhan utama di salah satu tempat wisata di Purwakarta ini yakni pemandangan alam nan indah berupa mata air besar berhias taman batu yang juga dikelilingi pegunungan hijau.

Bukan hanya menikmati pemandangan alam yang masih asri, pengunjung yang datang ke kawasan ini bisa juga menikmati wahana air sepuasnya di sebuah kolam berair dingin khas air pegunungan 

Merujuk data yang ada Disporaparbud setempat, sepanjang 2022 kemarin jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Batu Cijanun mencapai 121.475 pengunjung.

Selanjutnya ada nama Cikao Park yang sampai saat ini juga masih menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang lagi ngehits. Kawasan pariwisata yang lebih menonjolkan wahana air dan taman indah ini berada di‎ Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

Meski lokasinya sedikit tersembunyi, namun keberadaannya ternyata bak sebuah oase di gurun pasir. Tak heran, hampir setiap akhir pekan atau musim liburan, lokasi yang menyuguhkan beragam wahana unik ini kerap diserbu wisatawan.

Pengunjungnya tak hanya dari warga lokal, tapi banyak juga di antaranya dari luar kabupaten, bahkan provinsi. Sepanjang 2022 kemarin saja, jumlah pengunjungnya mencapai 91.227 kunjungan wisatawan.

Terakhir ada rumah makan Haji Yetti. Siapa sih yang gak tahu dengan rumah makan yang menyuguhkan Sate Maranggi ini. Ya, sudah tidak diragukan karena lokasi ini sangat populer hingga ke luar daerah. Bahkan, sudah go Internasional.

Untuk rumah makan Sate Maranggi Haji Yetti lokasinya cukup strategis. Yakni, di area perkebunan jati di Kecamatan Bungursari, atau tak jauh dari Gerbang Tol Cikopo. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper