Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KWI Puji Upaya Ridwan Kamil Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

Selain mengakhiri polemik perizinan pembangunan kompleks Gereja Katolik Ibu Teresa Paroki Cikarang, penyerahan PBG tersebut menjadi bukti toleransi beragama.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/BISNIS/Wisnu Wage
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/BISNIS/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Langkah Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) kepada Panitia Pembangunan Kompleks Gereja Katolik Ibu Teresa di Kabupaten Bekasi, Selasa (11/4/2023) lalu diapresiasi pihak gereja.

Uskup Bandung Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC yang juga Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyambut hangat penyerahan PBG tersebut.

Menurut Mgr. Antonius, selain mengakhiri polemik perizinan pembangunan kompleks Gereja Katolik Ibu Teresa Paroki Cikarang, penyerahan PBG tersebut menjadi bukti bahwa bunga toleransi di Jabar terus bermekaran.

"Saya mengucapkan terima kasih atas nama Gereja Indonesia bahwa Pemerintah Jawa Barat, dalam hal ini Gubernur Bapak Ridwan Kamil, memberikan persetujuan bangunan gereja," kata Mgr. Antonius di Kota Bandung, dikutip dari Humas Jabar, Rabu (19/4/2023).

Dia menambahkan pihaknya pun berterima kasih kepada masyarakat dan tokoh yang memungkinkan terjadinya penyerahan tersebut.

"Hal itu menunjukkan adanya perkembangan kematangan dalam kehidupan bermasyarakat bahwa kita, sesama anak bangsa, mempunyai hak yang sama untuk beribadah," katanya.

Dia melanjutkan, semangat toleransi yang terpancar dalam proses penyerahan PBG tersebut dapat meluas hingga ke tingkat pemerintahan terkecil, seperti kecamatan, kelurahan, desa, dan rukun warga (RW). Jika itu terjadi, kerukunan beragama di Jabar akan semakin erat dan hangat.

"Bapak Ridwan Kamil kemarin memberi contoh. Mudah-mudahan nanti diikuti oleh wali kota, oleh bupati, nanti oleh camat, oleh lurah, oleh RW, ke bawah gitu, mudah-mudahan diikuti. Kalau diikuti, semua luar biasa," tuturnya.

Adapun Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jabar bekerja sama dengan lembaga Indonesian Politic Research and Consulting (IPRC) melakukan survei tentang toleransi di Jabar. Survei dilaksanakan di 27 kabupaten/kota pada Maret 2023 dan melibatkan 1.200 responden.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa 90,6 persen responden menyatakan bersedia bertetangga dengan orang lain yang berasal dari agama lain, 88,9 persen responden menyatakan bersedia memberi bantuan pada tetangga yang berasal dari orang lain, 92,2 persen responden menyatakan bersedia berteman dengan orang yang berasal dari agama lain.

Mgr Antonius menambahkan, bunga toleransi di Jabar yang terus bermekaran tidak lepas dari komitmen Pemda Provinsi Jabar mengimplementasikan visi misi Jabar Juara Lahir Batin, salah satunya pada urusan kerukunan umat beragama (KUB) yang mendapat perhatian serius.

"Sudah saatnya kita mewujudkan toleransi bukan hanya dalam retorika, tetapi dalam aksi nyata," katanya.

Konten ini merupakan bagian dari Safari Ramadan yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia, dan didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Bank BJB, BUMD PT Migas Utama Jabar (MUJ), dan JNE.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper