Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Sheikalova Hijab Tasikmalaya, Bangun Bisnis dengan Komunitas Parenting

Owner Sheikalova Gita Rismawati melihat peluang dalam berjualan online dan mengambil langkah besar dengan membuat produk dan brand sendiri.
Gita Rismawati, Owner Sheikalova
Gita Rismawati, Owner Sheikalova

Bisnis.com, BANDUNG — Kota Tasikmalaya tidak hanya dikenal sebagai Kota Santri, beragam kreativitas UMKM penghasil beragam produk unggulan seperti kerajinan tangan, hingga fashion tengah berkembang di Kota ini.

Salah satunya brand Sheikalova asal Tasikmalaya yang mengusung produk–produk muslim dan muslimah cantik dengan harga yang terjangkau.   

Memulai bisnis online pada 2014 sebagai reseller dari brand lain, Owner Sheikalova Gita Rismawati melihat peluang dalam berjualan online dan mengambil langkah besar dengan membuat produk dan brand sendiri. 

Di 2016 lalu, Gita mencoba peruntungan dengan menawarkan dress hijab motif untuk wanita. 

Sheikalova tidak hanya mengedepankan produk dengan bahan yang berkualitas, namun menawarkan produk dengan memberikan value lebih terhadap brand dan customer dengan menciptakan design produk yang lebih meaningfull, salah satunya koleksi pertama Sheikalova yang disebut dress Hayme, design motif dalam produk tersebut menceritakan tentang perjuangan Turki Utsmani dalam menyebarkan agama Islam.

Kemudian produk unggulan lainnya yang dinamakan dress Mikazuki yang makna dalam motif designnya menggambarkan keistimewaan bulan di sepertiga malam dengan visualisasi design bulan dan bunga Sakura. 

Terus berinovasi, Sheikalova melakukan langkah berbeda dari brand hijab lainnya, Gita ingin brand Sheika menyampaikan satu pesan penting dalam produknya dengan menciptakan ‘Sheika Parenting Journey’ pada 2021 yang memiliki visi untuk menjadi teman hijrah dan bertumbuhnya Sheilova sebutan customer loyal Sheikalova yang di dominasi oleh para Ibu untuk memberikan fondasi utama untuk mendidik anak. 

Mulai melakukan campaign Sheika Parenting Journey di tahun 2022, Gita telah mengadakan seminar secara online maupun offline di berbagai kota yaitu Tasikmalaya, Bandung, Yogyakarta dan Bogor.  

Gita mengaku eksistensi Sheikalova seperti saat ini bukan hal yang mudah. Bersama suaminya, Gita mengaku jatuh bangun untuk membesarkan Sheikalova. 

Kerja keras yang dibangun dengan banyak tantangan seperti minimnya modal, hingga pembagian waktu mengurusi ketiga anak kembarnya, namun wanita yang mendalami ilmu Pendidikan Bahasa Inggris ini pantang menyerah dari membangun bisnis berdua bersama suami.

“Awalnya hanya berdua, dari pemilihan bahan, design, produksi, sampe kirim ke counter JNE dilakukan berdua”, ungkapnya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Kamis (18/4/2024).

Setelah mengelola sendiri pengiriman untuk pembeli, akhirnya ia berkolaborasi dengan JNE untuk mengoptimalkan distribusi pemesanan.

“Awal kirim sendiri ke JNE, sampai sekarang rutin di pick up oleh JNE dan memiliki 22 karyawan yang turut membangun Sheikalova, bagi kami JNE adalah mitra yang mendukung Sheikalova dari berdiri hingga sekarang, karena sebagian besar produk kami dipasarkan secara online, dengan pelayanan yang sangat baik dan helpful dari JNE kami bersyukur team Sheikalova dan JNE sudah membersamai kami hingga saat ini,” tambah dia.

Pada momen Ramadan dan Idulfitri produk Sheikalova juga mengalami peningkatan permintaan dari pelanggan, saat ini produk yang paling diminati pasar adalah produk pakaian keluarga dengan design seragam untuk orang tua dan anak.

“Saat lebaran para sheilova berebut produk pre order dari kita untuk digunakan saat lebaran bersama keluarga, salah satu artikel best seller dari kita adalah Dianova, dan karena waktu produksi yang sangat singkat kita sangat terbantu dengan pengiriman yang tepat waktu dari JNE kepada para pelanggan yang ingin menggunakan baju seragam sekeluarga di hari lebaran”, pungkasnya.

Konten ini merupakan bagian dari pemberitaan program Safari Ramadan, yang disponsori oleh Bank Jabar Banten (BJB), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper