Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Arus Mudik Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan Cadas Pangeran Diperbaiki

Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang kini dilakukan perbaikan untuk persiapan arus mudik lebaran.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang kini dilakukan perbaikan untuk persiapan arus mudik lebaran.

Kementerian PUPR memang memersiapkan Jalan Cadar Pangeran untuk arus mudik Idulfitri 1444 Hijriah sehingga ruas jalan di Jalan Cadas Pangeran yang berlubang dan bergelombang dilakukan perbaikan.

Beberapa di antaranya adalah pengikisan aspal dan kemudian dilapisi kembali hotmix. Sehingga ruas jalan menuju Utara Jawa Barat via Sumedang ini bisa aman dilewati pemudik.

Konsultan Supervisi Inspektur pelaksana perbaikan jalan Cadas Pangeran, Suharno mengatakan, pebaikan jalan yang rusak di kawasan Cadas Pangeran ini, dilakukan dengan cara pengupasan lapisan aspal, lalu kemudian kembali dilapisi hotmix baru. 

"Langkah pertama adalah pengupasan jalan yang kondisinya sudah jelek. Nantinya dikupas dengan ketebalan bervariatif. Sehingga nanti para pemudik tidak terganggu," kata Suharno, Kamis (6/4/2023).

Suharno menuturkan, terdapat enam titik permukaan jalan yang dilakukan perbaikan sepanjang 1,8 kilometer dengan kondisi berlubang dan bergelombang.

"Ada sekitar enam titik yang mau dikupas dan diperbaiki ulang di sepanjang jalan Cadas Pangeran," tuturnya.

Perbaikan jalan ini, kata Suharno, ditargetkan selesai sebelum hari H mudik lebaran tahun 2023, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pemudik.

Namun, total keseluruhan kawasan Cadas Pangeran sendiri akan berlangsung hingga Desember 2023.

 "Target untuk perbaikan jalan ini sebelum hari H mudik lebaran sudah selesai. Namun untuk keseluruhan penataan kawasan Cadas Pangeran ini sampai Desember 2023. Itu yang ditargetkan PUPR," katanya.

Selain perbaikan jalan, juga dilakukan penanganan tebing bekas longsoran batu, pagar pengaman dan perbaikan lainnya. Sejauh ini kata dia, cuaca menjadi hambatan kegiatan tersebut. 

"Selain permukaan jalan yang diperbaiki juga adalah di titik longsoran, sekarang sedang dibeton semprot," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper