Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik Tim Israel U-20, Ridwan Kamil Minta Kemenlu Ambil Sikap

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyikapi polemik penolakan keikutsertaan tim Israel di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei mendatang. 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyikapi polemik penolakan keikutsertaan tim Israel di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei mendatang. 

Ridwan Kamil mengatakan dari sisi hubungan diplomatik Israel tidak memiliki hubungan dengan Indonesia. 

"Secara faktual, kita (Indonesia) tidak ada hubungan diplomatik (dengan Israel). Ini tentu berdampak kepada semua urusan," tegas Gubernur Ridwan Kamil dikutip Minggu (26/3/2023).

Keputusan ini akan berimbas pada olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola mengingat tahun ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

"Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia lebih tepat untuk merespons hal ini," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya. 

Kang Emil memastikan bahwa dukungan masyarakat Indonesia kepada kemerdekaan Palestina tak akan berkurang. 

"Tetap mendukung kemerdekaan Palestina apapun yang terjadi dalam percaturan olahraga maupun yang berhubungan dengan (tim) Israel di Indonesia (ajang Piala Dunia U-20)," pungkasnya. 

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan sebagai pribadi dan sebagai muslim dengan sejarah Israel yang menindas Palestina dirinya menolak Israel bermain di Indonesia.

"Ini hubungannya masalah kemanusiaan dan sudah sangat jelas saya mengecam perilaku zionis israel di Palestina apalagi sekarang ada kabar Israel kekang warga Palestina ke al-aqso selama ramadhan," katanya.

Namun terkait urusan olahraga, dirinya akan mengambil sikap sesuai dengan keputusan pemerintah. "Saya sam’an wato’atan kepada pemerintah pusat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper