Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Purwakarta Perluas Gaung Buah Manggis Melalui Festival

Kabupaten Purwakarta, termasuk salah satu produsen buah manggis terbaik di Tanah Air. Bahkan, buah manggis asli wilayah ini memiliki ciri khas tersendiri.
Festival buah manggis di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Festival buah manggis di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Bisnis.com, PURWAKARTA – Kabupaten Purwakarta, termasuk salah satu produsen buah manggis terbaik di Tanah Air. Bahkan, buah manggis asli wilayah ini memiliki ciri khas tersendiri. 

Salah satunya, bisa dibedakan dari teksturnya yang lembut serta kulit luarnya yang mulus juga dari perpaduan rasanya yang manis dan asam (segar).

Petani Purwakarta patut beryukur, karena berkah dari buah manggis bisa sedikit mendongkrak perekonomian. Apalagi, setelah dibukanya kran ekspor ke beberapa negara di Asia oleh pemerintah.

Gaung buah manggis wilayah ini, memang tak terdengar menggema seperti halnya sate maranggi yang juga menjadi produk khas wilayah ini. Untuk itu, beragam cara dilakukan pemerintah setempat supaya popularitas buah manggis ini bisa terdengar lebih luas, di antaranya melalui festival.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan popularitas buah manggis khas wilayahnya harus terus digaungkan. Apalagi, si ratu buah tropis ini merupakan salah satu produk hortikultura unggulan masyarakat di wilayahnya. 

"Manggis, menjadi buah unggulan asal Purwakarta. Jadi, harus diperkenalkan secara luas," ujar Anne dalam keterangannya, Selasa (7/3/2023).

Anne menjelaskan, sebenarnya manggis khas Purwakarta sudah memiliki daya saing secara global. Bahkan, telah merambah pasar dunia sejak dulu.

Namun, hal itu belum bisa membuatnya berbangga hati, sehingga pihaknya akan terus berupaya bagaimana supaya produk perkebunan rakyat di wilayahnya ini bisa lebih dikenal secara luas.

"Buah Manggis khas Purwakarta saat ini menjadi produk perkebunan rakyat yang sangat menjanjikan dari sisi ekonomi, bahkan punya daya saing secara global. Tiap tahun kita perkenalkan melalui melalui event yang dikemas Festival seperti yang dalam waktu dekat ini akan digelar," kata dia. 

Menurut Anne, Festival Manggis Purwakarta merupakan salah satu langkah strategis jajarannya untuk mengangkat potensi produk perkebunan khas. Event tersebut, tak lain juga bagian dari ikhtiarnya untuk mendukung dan memotivasi para petani manggis supaya lebih produktif. Selain itu, outputnya bisa memperluas jaringan pemasarannya buah primadona ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan menambahkan, buah manggis di wilayahnya merupakan varietas Wanayasa yang telah disertifikasi oleh Kementerian Pertanian. Sertifikasi itu, tertuang dalam Kepmentan No 571/Kpts/SR.120/9/2006. Varietas manggis Wanayasa ini, menjadi unggulan di Indonesia.

"Dari dulu, manggis asal Purwakarta ini sudah masuk pasar ekspor. Salah satunya, dikirim ke China, Uni Emirat Arab dan juga Jepang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper