Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Ajak Warga Kuningan Terapkan Konsep Community Based Tourism

Kabupaten Kuningan memiliki daya tarik wisata alam hingga sejarah. Di antaranya, ada Gedung Perundingan Linggarjati dan Taman Nasional Gunung Ciremai.
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

Bisnis.com, CIREBON - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Uno mendorong Kabupaten Kuningan bisa mengembangkan produk pariwisata dan ekonomi kreatif melalui konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism).

Menurut Sandiaga, Kabupaten Kuningan memiliki daya tarik wisata alam hingga sejarah. Di antaranya, ada Gedung Perundingan Linggarjati dan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Potensi tersebut, bisa dikembangkan oleh sumber daya manusia lokal, sehingga ekonomi di daerah bisa lebih sejahtera dan mengalami peningkatan.

"Target Presiden tahun ini adalah 1,4 miliar pergerakkan wisatawan nusantara. Ini dapat diwujudkan apabila kita semua berkolaborasi. Kita juga memerlukan daya tarik wisata yang dikemas dengan pendekatan pariwisata berbasis masyarakat agar dampak ekonomi dirasakan secara merata," kata Menparekraf Sandiaga, Rabu (1/3/2023).

Selain potensi ekonomi wisata, kata Sandiaga, Kabupaten Kuningan juga memiliki potensi ekonomi kreatif unggulan, salah satunya olahan ubi jalar dan tepung ubi yang bisa menguasai pasar Malaysia hingga Jepang.

"Mari kita berkolaborasi untuk memastikan kebangkitan ekonomi kita dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan," kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga mengajak milenial di Kuningan melek media sosial. 

Menurutnya, generasi muda harus menciptakan konten kreatif dengan branding yang kuat, orisinil tanpa ada rekayasa, relevan dengan isu terkini, hingga talkable.

"Konten apapun yang kita ciptakan harus menjadi buah bibir di kalangan masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper