Layanan Digital Sumedang Salip Kota Bandung, Menpan-RB: Bupati Dony Pembelajar yang Baik

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sumedang salip Kota Bandung yang saat ini tengah berupaya meraih title Smart City.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri)/Istimewa
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri)/Istimewa

Bisnis.com, SUMEDANG - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sumedang salip Kota Bandung yang saat ini tengah berupaya meraih title Smart City.

Untuk diketahui, Kota Bandung pernah memimpin urusan digitalisasi pelayanan publik pada saat Wali Kota dijabat oleh Ridwan Kamil yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Barat.

Bahkan, pada saat itu, Kota Bandung menjadi rujukan pemerintah daerah lain soal penerapan digitalisasi pelayanan publik. Salah satunya adalah Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang langsung berguru pada Kota Bandung pada tahun pertama dia menjabat sebagai bupati.

"Kami seorang pembelajar, awal saya dilantik bupati sebelumnya belajar ke Kota Bandung, setelah dilantik dua bulan belajar ke Banyuwangi, saya bawa seluruh SKPD ke Banyuwangi, niat saya setelah dari Bandung dan Banyuwangi saya harus kalahkan Kota Bandung, saya harus kalahkan Kabupaten Banyuwangi, dan ternyata Kota Bandung sudah kalah, banyuwangi pernah kalah di 2020 kami SPBE E-Gov secara nasional ke-1, Banyuwangi di bawahnya, dan sekarang Banyuwangi di atas lagi, saya di bawahnya lagi, jadi itulah sebuah proses pembelajaran," kata Dony, Kamis (22/12/2022).

Untuk diketahui, indeks SPBE Kota Bandung pada 2021 mencapai 3,19 sedangkan Kabupaten Sumedang Indeks SPBE sebesar 3,52, tertinggal 0,01 dari Kabupaten Banyuwangi yakni nilai indeks SPBE 3,53.

"Setelah itu banyak kota/kabupaten yang datang kepada kami, ada 62 kabupaten/kota yang datang ke Sumedang, tapi kami berpikir, apakah ada tindak lanjutnya atau tidak yang datang itu, seperti kami dulu menindaklanjuti dari Kota Bandung dan Banyuwangi, makanya ada platform Digital Services Living Lab, ini sebuah platform digital untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, saling adaptasi, berkolaborasi untuk meningkatkan indeks SPBE," jelasnya.

Banyak pihak yang mengapresiasi progres Kabupaten Sumedang dalam mendongkrak SPBE. Salah satunya datang dari para mantan kepala daerah tempat Bupati Dony menimba ilmu SPBE, yakni Abdullah Azwar Anas dan Ridwan Kamil.

"Pak Dony belajar ke mantan Wali Kota Bandung, dimana muridnya sudah mengalahkan gurunya, jadi Alhamdulillah," ungkap dia

Hal senada datang dari Azwar Anas yang saat ini menjabat Menpan-RB.

"Pak Dony ini pembelajar yang baik, bisa belajar dari kami dulu pada saat menjabat Bupati Banyuwangi, sekarang Kabupaten Sumedang melesat di bawah kepemimpinan Dony," jelasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper