Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Minta Perguruan Tinggi Respons Tiga Disrupsi

Civitas akademika Unpas diminta untuk ikut merespons dinamika sosial dan tiga disrupsi yang kini tengah menjadi fokus pemerintah Jabar.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan orasi ilmiah secara daring pada Puncak Dies Natalis ke-62 Universitas Pasundan, Rabu (21/12/2022).

Ia mengapresiasi kiprah dan kontribusi Unpas dalam membangun Jabar melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Civitas akademika Unpas diminta untuk ikut merespons dinamika sosial dan tiga disrupsi yang kini tengah menjadi fokus pemerintah Jabar.

“Pertama, disrupsi pandemi. Covid-19 harus dijadikan pelajaran penting dalam sejarah peradaban manusia. Unpas diharapkan bisa memberikan sumbangsih keilmuan agar generasi mendatang bisa hidup lebih baik dari kita,” katanya.

Unpas juga didorong untuk melahirkan inovasi dan teknologi baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan memudahkan adaptasi.

“Kedua, revolusi digital. Unpas mesti jadi yang terdepan dalam mengadaptasi revolusi digital. Bekali mahasiswa dengan keterampilan digital supaya tidak tertinggal, karena revolusi digital tidak dapat dihindari,” sambungnya.

Menurutnya, munculnya teknologi Artificial Intelligence (AI) yang mampu merekayasa dan memecahkan masalah kognitif terkait kecerdasan manusia akan merevolusi sistem pendidikan tinggi, khususnya kegiatan belajar mengajar.

Di masa depan, guncangan disrupsi membuat dosen tidak lagi menjadi pemberi ilmu, melainkan pemilah ilmu yang memanfaatkan digitalisasi.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan tantangan ketiga, yaitu pemanasan global. Pemanasan global membuat ratusan hektar lahan hilang akibat naiknya air laut. Ancaman ini nyata, bahkan sudah dirasakan masyarakat di daerah Subang dan Bekasi.

“Perubahan iklim salah satunya diakibatkan dari gaya hidup kita yang boros karbon. Unpas harus menyikapinya, misalnya dengan menyusun kurikulum yang memuat isu-isu perubahan iklim dan lingkungan hidup,” tuturnya.

Bantu Wujudkan Negara Adidaya

Di akhir orasinya, Ridwan Kamil meminta civitas akademika Unpas untuk membersamai kemajuan Jabar dan Indonesia dalam meningkatkan Gross Domestic Product (GDP). Ia yakin, 2045 mendatang Indonesia bisa menduduki jajaran negara adidaya.

Keyakinannya berdasar pada posisi perekonomian Indonesia yang kini berada di peringkat ke-16 di antara negara-negara G20.

Ia menilai, ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara adidaya, yakni SDM yang berkualitas, ekonomi digital, dan milenial kompetitif bebas stunting.

“Saya harap, akademisi Unpas bisa membantu melakukan narasi-narasi damai agar demokrasi sosial politik selalu kondusif. Respons perubahan zaman dari sisi global, saya yakin Unpas dapat mendorong pencapaian pembangunan Jabar,” tandasnya.

Puncak Dies Natalis ke-62 Unpas juga diisi dengan pemberian penghargaan bagi dosen dan tenaga kependidikan yang sudah mengabdi selama 20 dan 30 tahun, apresiasi mahasiswa berprestasi, dan pengumuman kejuaraan menembak, voli, dan panahan internal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper