Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masjid Al Jabbar Diharapkan Jadi Ikon di Dunia Internasional

Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Barat Edi Komarudin memuji Gubernur Ridwan Kamil yang bisa mewujudkan masjid megah sekaligus merancang bangun.
Masjid Raya Al Jabbar/Bisnis
Masjid Raya Al Jabbar/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Masjid Raya Provinsi Al Jabbar dinilai sebagai mahakarya Jawa Barat. Masjid ini lahir dari sumbangsih semua pihak.

Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh mengatakan sejak dirinya duduk sebagai anggota dewan Jabar 2014 lalu, masjid ini sudah diinisiasi oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, DPRD dan para pihak.

"Masjid ini mahakarya Jawa Barat, hasil urun rembuh bersama sejak 2014. Arsiteknya Kang Ridwan Kamil lalu ditakdirkan menjadi gubernur," katanya dalam acara Gaspol PWI Gedung Sate "Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal" di Bandung, Selasa (20/12/2022).

Oleh berharap mahakarya ini diharapkan tak hanya dijadikan kebanggaan warga Jawa Barat namun juga dunia internasional. "Kami mengapresiasi dibangunnya Al Jabbar, semoga tidak hanya jadi ikon Jawa Barat tapi bisa memberikan kontribusi kehidupan beragama," ujarnya.

Menurutnya masjid ini bisa jadi sarana edukasi warga muslim untuk mempelajari khazanah Islam baik dunia maupun Jawa Barat. "Pengunjung akan mendapat oleh-oleh sejarah, gambaran Islam masuk Jawa Barat," katanya.

Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Barat Edi Komarudin pun mengapresiasi hadirnya masjid yang juga dikenal sebagai masjid terapung ini.

Dia memuji Gubernur Ridwan Kamil yang bisa mewujudkan masjid megah sekaligus merancang bangun. "Banyak pemimpin dunia hanya bisa membangun, tapi bukan arsiteknya. Ini masjid luar biasa, jarang pemimpin yang memiliki kemampuan merancang masjid," tuturnya.

Edi berharap Al Jabbar tak hanya menjadi ikon Jawa Barat namun juga dunia internasional.

"Semoga Al Jabbar tidak hanya jadi pusat ibadah, tapi pusat peradaban, memberikan warna dan pencerahan bagi masjid yang lain terkait tata kelola," ujarnya.

Menurutnya DMI Jabar berharap Al Jabbar bisa menjadi rujukan masjid lain sebagai masjid yang ramah anak, memiliki fungsi sosial, melahirkan wirausaha, dakwah dan hukum, pengelolaan ZIS internasional hingga pengelolaan lingkungan.

"Semoga masjid ini bisa dimakmurkan jemaah dan memakmurkan jemaah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper