Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masjid Raya Al Jabbar Sudah Siap Diresmikan

Progres pembangunan sudah tinggal beberapa item minor lagi. Artinya, Masjid Raya Al Jabbar sudah cukup siap untuk diresmikan pada akhir tahun ini. 
Masjid Raya Al Jabbar/Bisnis
Masjid Raya Al Jabbar/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan meresmikan Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, 30 Desember 2022.

Masjid yang direncanakan diresmikan akhir tahun 2022 ini pembangunan fisiknya diketahui sudah mencapai 95 persen lebih dan ditargetkan 100 persen dalam 10 hari mendatang. 

Sekdis Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Iwan Suwanagiri memastikan hal tersebut dalam acara Gaspol PWI Gedung Sate, "Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal" di Bandung, Selasa (20/12/2022). 

Iwan Suwanagiri mengatakan progres pembangunan sudah tinggal beberapa item minor lagi. Artinya, Masjid Raya Al Jabbar sudah cukup siap untuk diresmikan pada akhir tahun ini. 

"Progress fisik 95 Persen. Tinggal perapihan dan pemasangan, barang sudah ada. Jalan sudah selesai dan terakhir dibebaskan (tanah) untuk putaran bus sudah selesai, tinggal drainase," katanya.

Selain itu ada rencana pemasangan karpet yang didatangkan dari Turki. Karpet import tersebut saat ini sudah berada di Bandara Soekarno-Hatta dan segera dikirim ke Bandung.

"Kalau itu terpasang progress sudah bisa mencapai 98 persen," ujarnya.

Iwan mengatakan, luas area pembangunan Masjid Al Jabbar capai 25,997 hektare. Dimana di dalamnya bisa menampung puluhan ribu orang. 

"Total kapasitas Masjid Raya Al Jabbar ini bisa tampung 33.000 orang. Itu sudah dari semua fasilitas yang tersedia nantinya," ungkapnya. 

Fasilitas yang nantinya akan disediakan juga Ada banyak. Seperti, Ada selazar, plaza, ruang solat mezanine dan ruang salat utama. Masjid Al Jabbar sendiri berdiri di atas air, masyarakat juga menyebut Masjid Apung. 

"Total kapasitas untuk di selasar sendiri bisa mencapai 3.627 orang. Sedangkan untuk plaza bisa mencapai 16.363 orang. Jika digabungkan dengan tempat salat utama dan mezanine bisa mencapai 33.000," katanya.

Beberapa fasilitas di Masjid Al Jabbar juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum. Mengingat, di dalamnya nanti akan ada museum dan dan taman yang bisa dijadikan tempat wisata religi. 

"Di dalamnya nanti akan ada beberapa taman dan ada museum, termasuk danaunya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper