Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Cianjur: Rumah dan Masjid Disiapkan Bapenda Jabar untuk Korban Cugenang

Bantuan berupa uang Rp100 juta diterima langsung secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah di Pendopo Cianjur.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 November 2022  |  13:40 WIB
Gempa Cianjur: Rumah dan Masjid Disiapkan Bapenda Jabar untuk Korban Cugenang
Kepala Bapenda Jawa Barat Dedi Taufik meninjau bangunan yang terdampak gempa di Cianjur - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat Dedi Taufik menyerahkan bantuan untuk korban gempa Kabupaten Cianjur melalui Posko Tanggap Darurat hasil urunan pegawai Bapenda Jabar dan Samsat.

Bantuan berupa uang Rp100 juta diterima langsung secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah di Pendopo Cianjur.

Dedi Taufik menjelaskan donasi tersebut merupakan langkah inisiatif setelah gempa terjadi pada Senin (21/11). 

Menurutnya saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi bencana dan rumah sakit tempat para korban mendapat perawatan medis.

Gerakan ini pun merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur bahwa Aparatur Sipil Negara harus peduli dan turut membantu penanganan bencana.

“Dampak gempa sangat luar biasa. Bangunan banyak yang roboh. Lalu, kondisinya memprihatinkan saat melihat Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) menyiarkan langsung kondisi melalui media sosialnya,” kata Dedi Taufik, Rabu (23/11/2022).

“Instruksi pak Gubernur juga menekankan ASN harus turut serta membantu dan peduli. Dari situ kami di Bapenda berinisiatif untuk urunan, menyisihkan rejeki. Alhamdulillah tidak sampai satu hari sudah terkumpul Rp 100 juta. Secara simbolis sudah diserahkan. Mudah-mudahan angkanya bisa bertambah karena urunan masih terus berlangsung,” ia melanjutkan.

Bantuan yang digalang memang dikhususkan dalam bentuk uang, sehingga tim di Posko Komando Pengamanan Darurat bisa membelikan keperluan paling mendesak untuk korban atau keperluan penanganan bencana.

Dedi berharap bantuan tersebut bisa membantu untuk kebutuhan logistik para pengungsi, termasuk kebutuhan tim dalam proses penanganan maupun pencarian korban. Selain itu, Dedi sudah menyiapkan satu rumah di Kecamatan Cugenang sebagai tempat untuk relawan.

“Ada satu rumah dan masjid di Kecamatan Cugenang yang saya siapkan untuk korban maupun relawan, mudah-mudahan bisa membantu. Sekali lagi, kami prihatin dan turut berduka cita bagi semua korban, semoga semuanya diberikan ketabahan serta kesabaran dalam menghadapi cobaan ini,” katanya.

Usai penyerahan donasi, pihaknya meninjau ke kantor P3DW Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa. Di sana, Dedi berkomunikasi dengan sejumlah pegawai.

“Ada pegawai Samsat Cianjur juga yang menjadi korban, tentu ini menjadi perhatian kami juga. Tadi juga sudah berkomunikasi dengan pegawai lain, dan pelayanan di Samsat tetap berjalan,” jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, data sementara jumlah korban meninggal dunia dalam musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur mencapai 268 orang dan 122 orang di antaranya sudah teridentifikasi.

Sementara itu, korban luka hingga Selasa (22/11) sore mencapai 1.083 orang. Terdapat 58.362 orang yang mengungsi. Data lainnya, rumah rusak kategori berat sebanyak 6.570 unit, rusak sedang 2.071 unit dan yang ringan 12.641 unit. Daerah yang terdampak gempa ada di 12 kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gempa Cianjur Bapenda
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top