Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WJIS 2022: ESDM Jabar Pastikan Investasi EBT Berdampak Positif Untuk Masyarakat

Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih, dari 20 proyek yang ditawarkan seluruhnya sudah memasuki tahap kurasi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  11:25 WIB
WJIS 2022: ESDM Jabar Pastikan Investasi EBT Berdampak Positif Untuk Masyarakat
Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Jabar memastikan proyek investasi energi baru terbarukan (EBT) di West Java Investment Summit (WJIS) 2022 akan berdampak positif bagi masyarakat.

Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih, dari 20 proyek yang ditawarkan seluruhnya sudah memasuki tahap kurasi. Menurutnya penting bagi Jabar untuk mengakselerasi investasi sektor ini.

" Kita berupaya dan mengajak investor untuk memanfatkan sumberdaya energi baru terbarukan agar dapat memenuhi energi bersih di Jabar. Pada 2022 ini kami kolaborasi dan mengajak owner yang menempatkan investasi di Jabar sebanyak 20 proyek baik dari pemerintah BUMD provinsi dan daerah dan privat," katanya di WJIS 2022 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (6/10/2022).

Seluruh proyek yang ditawarkan memiliki nilai investasi hingga Rp25,66 triliun. Meski sektor EBT yang ditawarkan beragam, pihaknya kembali mendorong investasi di panas bumi atau geothermal.

"Semuanya unggulan, tapi ada potensi _geothermal_ yang akan ditawarkan yaitu Cisolok Sukarame dan Galunggung," katanya.

Selain itu, kata Ai, ada enam proyek PLN yaitu pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH). Selanjutnya proyek pembangunan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dengan PLN sebagai bagian memperkuat ekosistem penggunaan kendaraan listrik di Jabar tahun depan.

"Lain-lainnya cukup strategis, ada pembangkit bayu di Sukabumi dan Garut. Mudah-mudahan terpresentasikan dengan baik dan investor dimudahkan dan diberikan kelancaran," katanya.

Ai berharap investor bisa memanfaatkan peluang yang ditawarkan di WJIS 2022. Di luar urusan bisnis, investasi di sektor ini diyakini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Jabar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar menawarkan 35 proyek investasi di sektor ketahanan pangan dan energi baru terbarukan di West Java Investment Summit (WJIS) 2022.

Sektor ketahanan pangan ada 11 proyek investasi senilai Rp4,9 triliun, sementara di sektor energi baru terbarukan ada 20 proyek senilai Rp25,66 triliun.

Di luar dua sektor tersebut, ada 4 proyek infrastruktur yang juga ditawarkan senilai Rp29 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

WJIS pemprov jabar ebt
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top