SDM Ketahanan Pangan Harus Diperbanyak Lewat Pemerataan Sekolah Vokasi

Sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting dalam mewujudkan Jawa Barat sebagai lumbung pangan dan energi nasional.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting dalam mewujudkan Jawa Barat sebagai lumbung pangan dan energi nasional.

Untuk itu, sekolah berbasis kebutuhan serupa pendidikan vokasional mutlak harus diperbanyak di semua daerah. Dengan demikian, SDM dengan keterampilan sesuai dengan potensi masing-masing daerah bisa lebih cepat dioptimalkan.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat Herawanto mengatakan saat ini pendidikan vokasi memang sudah ada di Jawa Barat. Hanya saja, jumlahnya belum merata dan belum bisa memenuhi kebutuhan di lapangan.

"Sudah ada [pendidikan vokasi], cuma jumlahnya masih sedikit dibandingkan dengan sekolah umum," kata Herawanto kepada Bisnis.

Ia menyontohkan, di sepanjang Ciamis maupun Tasikmalaya itu, secara umum sangat mudah dijumpai kolam-kolam ikan.

"Berarti kan daerah tersebut cocok untuk budi daya perikanan darat," ungkapnya.

Namun, potensi tersebut tak kunjung meningkat, yang dipahaminya adalah efek dari minimnya SDM yang bisa mengembangkan potensi perikanan tersebut.

"Kita lihat berapa banyak yang fokus terhadap ikan, baik segi pengembangan atau pun pemasaran," tambahnya.

Ia menilai Jawa Barat memiliki potensi untuk bergerak ke arah sana. Sembari menunggu rencana jangka panjang berupa pemerataan sekolah vokasi, pemerintah bisa mengoptimalkan pendidikan informal, seperti pesantren yang menjamur di daerah Priangan Timur untuk ambil peran.

"Program one pesantren one product milik Pemprov Jabar ini bisa dioptimalkan, tentu saja langkah jangka panjangnya sambil dilakukan," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper