Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dishub-BI Jabar Rancang Pilot Project Digitalisasi Transportasi

Dinas Perhubungan bersama Bank Indonesia tengah merancang pilot project digitalisasi bidang transportasi.
Deputi Kantor Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono (kiri) bersama Kadishub Jabar  Ahmad Koswara.
Deputi Kantor Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono (kiri) bersama Kadishub Jabar Ahmad Koswara.

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan bersama Bank Indonesia tengah merancang pilot project digitalisasi bidang transportasi.

Pilot project dirancang menjelang Hari Perhubungan Nasional 17 September 2022, dan diperingati Pemprov Jabar pada 19 September 2022 mendatang.

Turut mendukung Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar dari sisi infrastruktur dan ekosistem digitalnya.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Ahmad Koswara mengatakan peringatan Hari Perhubungan Nasional, setelah upacara akan ada penandatanganan kerja sama BI-Dishub Jabar untuk melaksanakan digitalisasi di sektor transportasi.

"Ada MoU dengan Bank Indonesia dan integrator untuk digitalisasi di sektor transportasi. Juga akan ada kerja sama pilot project pelaksanaan digitalisasi sektor transportasi di Sukabumi," katanya, Kamis (15/9/2022).

Dalam Japri bertema bertema 'Percepatan Digitalisasi sebagai Upaya Perbaikan Tata Kelola dan Integrasi Layanan Moda Transportasi di Jabar' terungkap digitalisasi menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan pelayanan sektor transportasi.

Dicontohkan, digitalisasi di sektor transportasi yang sudah berjalan adalah penggunaan sistem pembayaran di jalan tol, di mana sebelumnya pembayaran secara manual atau tunai, menjadi nontunai dengan kartu e-tol.

Kemudian pembayaran ongkos pada angkutan umum bus Trans Metro Bandung atau Trans Pasundan yang menggunakan kartu. Tinggal nantinya penggunaan digitalisasi transportasi secara terintegrasi.

"Misalnya mulai dari angkutan feeder, berlanjut ke bus kota hingga angkutan MRT, seperti yang sudah ada di Jakarta," tuturnya.

Deputi Kantor Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono mengatakan digitalisasi transportasi menjadi salah satu hal penting untuk mengendalikan inflasi.

"Digitalisasi akan menciptakan efisiensi di bidang transportasi dan logistik, sehingga tentu akan menekan inflasi. Kelancaran distribusi menjadi hal sangat penting dalam upaya pengendalian inflasi," jelasnya.

Sementara Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Jabar Gumilar mengatakan, Diskominfo mendukung penuh kerja sama Dishub - BI Jabar untuk mengembangkan infrastruktur dan ekosistem digital transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper