Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bawaslu Sumedang Gelar Rapat Persiapan Pemilihan Serentak 2024

Bawaslu Kabupaten Sumedang menggelar rapat persiapan Pemilihan Serentak 2024 dan rencana perekrutan pengawas ad-hoc di Kabupaten Sumedang.
Rapat persiapan Pemilihan Serentak 2024 dan rencana perekrutan pengawas ad-hoc di Kabupaten Sumedang.
Rapat persiapan Pemilihan Serentak 2024 dan rencana perekrutan pengawas ad-hoc di Kabupaten Sumedang.

Bisnis.com, SUMEDANG - Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM dan kesekretariatan, Bawaslu Kabupaten Sumedang menggelar rapat persiapan Pemilihan Serentak 2024 dan rencana perekrutan pengawas ad-hoc di Kabupaten Sumedang.

Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumedang Dadang Priyatna.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumedang Dadang Priyatna menyebutkan, terkait dimulainya tahapan penyelenggaraan pemilu, Bawaslu Kabupaten Sumedang telah melaksanakan beberapa kegiatan, salah satunya pendidikan politik yang diikuti partai politik, kelompok masyarakat dan pemuda mengenai regulasi terkait Pemilu.

"Selain pendidikan politik, kami sudah melakukan Bimtek dan pengkajian untuk tahapan Pemilu," ujarnya, dikutip Rabu (14/9/2022).

Terkait manajemen SDM, Bawaslu akan merekrut kepala sekretariat di setiap kecamatan.

"Rencananya dalam waktu yang dekat kami juga akan merekrut staf dan kepala sekretariat di setiap kecamatan untuk mendukung pengawasan di kecamatan se-Kabupaten Sumedang," tuturnya.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan mengatakan, kolaborasi Pemerintah Daerah dan Bawaslu menjadi prioritas sebagai mitra strategis.

"Bawaslu Sumedang tidak bisa terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terkait dukungan SDM dan fasilitas lainnya untuk menghasilkan tim Pemilu 2024 yang demokratis," tuturnya.

Ia menambahkan, Seleksi Pengawas di tingkat kecamatan menjadi titik strategis.

"Kami ingin membangun proses yang terbuka dan bersih, dan saya yakin dengan komitmen bersama tidak akan ada proses pemungutan bagi para calon," ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Herman Suryatman menyebutkan, pihaknya sejalan dengan tujuan Bawaslu untuk menyuseskan Pemilu 2024.

"Pada saat politik berakhir, berakhir pula proses pemerintahan. Kaka dari itu, kami berkepentingan agar proses pemerintahannya berkualitas maka ada fungsi Bawaslu yaitu fungsi pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyidangan," tuturnya.

Ditambahkan Sekda, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang telah memberikan dukungan operasionalisasi pengawasan Bawaslu.

"Kita ingin pemilu yang berkualitas. Tentunya Bawaslunya juga harus berkualitas. Maka rekrutmen-nya juga harus berkualitas. Saya optimistis di bawah kepemimpinan Ketua Bawaslu Kabupaten Sumedang akan lebih baik dan Pemilu 2024 akan berjalan lancar," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper