Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Investasi Jabar: Luhut Bakal Kunjungi Sumedang Cek Progres Pembangunan Cisumdawu

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan diagendakan akan menyambangi Kabupaten Sumedang pada Senin (6/9/2022).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./Antara

Bisnis.com, SUKABUMI - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan diagendakan akan menyambangi Kabupaten Sumedang pada Senin (6/9/2022) mendatang.

Salah satu agenda kunjungan tersebut ialah meninjau progress Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

Sekda Herman Suryatman saat dikonfirmasi membenarkan bahwa peninjauan ke Tol akan menjadi akhir rangkaian kunjungan Menteri ke Kabupaten Sumedang.

Ia mengatakan, Menteri Luhut blusukan ke Jalan Tol melalui Gerbang Tol Sumedang Kota sekaligus meninjau longsoran di Bojong Totor berakhir ke Kampus IPDN.

"Usai meninjau Desa Digital di Sukajaya, di akhir agenda nanti Pak Menteri akan ke jalan tol lewat Gerbang Tol Sumedang Kota sekaligus meninjau titik longsoran di Bojong Totor menuju IPDN, karena helikopter sudah menunggu di sana untuk terbang menuju Bantar Gebang," tuturnya, Jumat (2/9/2022).

Berdasarkan laporan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan Tol Cisumdawu yang terdiri dari 6 seksi sebagian sudah beroperasi.

Pembangunan Seksi 1 yaitu Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah selesai dan beroperasi 100 persen.

Sementara itu, Seksi 2 yaitu Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km masih dalam konstruksi dengan progres mencapai 97,94 persen.

Keduanya merupakan pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah dan konstruksinya akan selesai di akhir tahun 2022 ini.

Di sisi lain, Seksi 3 sampai dengan 6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km telah rampung 100 persen konstruksinya, sedangkan Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km telah berprogres hingga 36,69 persen.

Untuk konstruksi pada Seksi 5 A&B Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km telah mencapai 42,63 persen dan 61,24 persen. Kemudian Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan telah mencapai progres konstruksi 99,77 persen.

Koneksi antara Junction Dawuan dengan Jalan Tol Cipali telah mencapai progres 98,33 persen.

Konten ini merupakan bagian dari pemberitaan Jelajah Investasi Jabar 2022. Program ini digelar Bisnis Indonesia perwakilan Bandung terselenggara berkat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, PT Migas Utama Jabar, Bank BJB, PT Jamkrida Jabar, PT IBRM, dan Pemkab Sumedang.(K34)(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper